Friday, 12 June 2020

Seni Baru Dalam Serial Drama India

Seni adalah suatu keindahan, ini lah yang kita temukan ketika menonton film Salim Anarkali. Mulai dari keindahan penyajian cerita, keindahan penggambaran tokoh, penataan koreografi hingga gambar tayangan yang dihasilkan. Semua itu berpadu menjadi satu membuat penonton terbawa suasana cinta antara Salim dan Anarkali.

Seni Baru Dalam Serial Drama India

Menurut sejarahnya, cerita ini bahkan sampai dimonumenkan. Apabila suatu saat anda berkunjung ke Lahore Pakistan maka anda bisa menemukan bukti cinta antara Salim dan Anarkali.

Ya, di tempat ini anda akan melihat bangunan cukup megah yang memiliki warna cat putih. Tepatnya terletak di kompleks Punjab Civil Sekretariat. Bangunan itulah  yang menjadi saksi bisu kisah yang cukup tragis antara Salim dan Anarkali. Anarkali sendiri merupakan seorang budak yang sangat legendaris.

Sementara itu, Salim adalah seorang maharaja Akbar. Dimana dia menjabat sebagai puta makhkota yang kelak akan bertakhta di kerajaan Mughal. Salim memiliki gelar Maharahja Jahangir. Di film Salim Anarkali sendiri,  tokoh Salim diperankan langsung oleh Sang Arjuna di film Mahabrata yaitu Shaheer Sheikh.

Sementara itu, Anarkali adalah budak sekaligus wanita penghibur dari negara Iran. Saat lahir, Anarkali berkemungkinan besar memiliki nama Nadira Begum atau Sharifun-Nissa. Asal usul penamaan nama Anarkali sendiri tidak lain karena kecantikannya yang memukau. Alhasil dirinya dijuluki Anarkali yang memiliki arti bunga delima mekar.

Anarkali terkenal dengan parasnya yang sangat jelita. Tidak hanya itu, dirinya juga sangat ahli dalam hal menari. Atas keunikannya tersebut nama Anarkali kemudian terdengar sampai ke kerajaan Mughal. Raja Akbar berniat untuk mendatangkan Anarkali sebagai budak sekaligus penari penghibur. Banyak penghuni istana yang terpesona dengan sosok Anarkali, salah satunya adalah Akbar yang jatuh cinta kepada sosok dirinya.

Hemat cerita, baik Salim  Anarkali kemudian menjalin asmara. Namun sayangnya perbedaan kasta antara pangeran salim dan Anarkali membuatnya ditentang oleh sang raja. Bahkan pertentangan itu dijawab dengan ikrar perang oleh Salim.

Alhasil pertempuran tidak bisa dicegah lagi. Salim sendiri harus mengaku kalah. Akbar sendiri memerintahkan salim untuk menyerahkan Anarkali atau memilih mati. Kemudian Salim memilih maut. Anarkali yang tidak terima kemudian memutuskan untuk mengorbankan dirinya. Dirinya kemudian dikubur salam sebuah tembok hidup-hidup.

Proses penguburan itu dilakukan setelah Anarkali meminta satu malamnya untuk bersama dengan Salim sebagai permintaan terakhirnya. Keesokan harinya Akbar memerintahkan budak itu di kubur. Salim sendiri memerintahkan agar sekeliling dari tembok itu dibangun sebuah makam yang cukup megah. Bahkan uniknya lagi adalah sampai saat ini kita bisa melihat wujud makam  asli dari kisah Salim Anarkali. Tepatnya ada didaerah Lahore Pakistan. Tentu saja cerita ini sangat apik dibawakan di zaman modern ini. Shaheer Sheikh sangat apik memerankan tokoh Salim yang membuat penonton kagum dan penasaran apa yang terjadi selanjutnya.

No comments:
Write comments