Thursday, 11 June 2020

Cara Bayar Zakat Online Hanya Melalui Aplikasi

Sebagai umat muslim zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan pada waktunya. Sebisa mungkin seluruh umat muslim harus menunaikan zakat terutama zakat fitrah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Namun karena kondisi bumi sekarang ini sedang tidak membaik karena pandemi corona, maka melaksanakan zakat secara langsung di beberapa daerah belum bisa dilaksanakan. Untuk mengatasi hal tersebut maka zakat online adalah solusi tepat yang bisa dilakukan.

Cara Bayar Zakat Online Hanya Melalui Aplikasi

Bagaimana Hukum Bayar Zakat Secara Online?

Karena zakat online adalah hal baru yang ada di dunia dan beberapa orang masih ragu dengan hukumnya, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai hukum bayar zakat fitrah secara online. Pada dasarnya, zakat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan sesuai dengan waktunya. Islam adalah agama yang mudah dan tidak memberatkan umatnya terutama dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Jadi jika keadaan tidak memperbolehkan untuk bertemu karena dikhawatirkan terserang wabah corona melaksanakan zakat secara tidak langsung adalah hal yang diperbolehkan, karena:

  1. Tidak Merusak Rukun Wajib Zakat

Perlu Anda ingat bahwa dalam menunaikan zakat rukun yang wajib adalah ada pemberi zakat, ada penerima zakat, dan ada barang yang dizakatkan. Adapun penerima zakat harus sesuai dengan syarat penerima zakat yang ada dalam hukum. Bagaimana dengan niat yang diucapkan saat berzakat? Niat adalah pelengkap yang berfungsi untuk memantapkan zakat dan boleh dilakukan secara tidak langsung. Artinya, zakat secara online adalah hal yang boleh dilakukan karena niat yang dilafalkan ketika berzakat bukan termasuk rukun zakat.

  1. Memudahkan Orang Untuk Menunaikan Zakat

Dengan adanya zakat online masyarakat yang terserang pandemi corona bisa tetap menunaikan zakat dan bisa dilakukan di rumah saja. Selain itu, berbagai aplikasi yang menawarkan penunaian zakat secara online pasti sudah terjamin keamanannya sehingga tidak perlu ragu untuk melakukannya. Baik zakat fitrah maupun zakat maal, semua bisa dilakukan dengan mudah melalui online.

Berbicara mengenai zakat online, sekarang ini banyak aplikasi yang menawarkan jasa untuk menunaikan zakat secara online. Dengan cara ini, diharapkan bisa meminimalisir penyebaran virus corona yang semakin hari semakin mewabah. Nah, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa Anda pilih sebagai sarana untuk menyampaikan zakat yang amanah dan pasti sampai kepada yang berhak menerima.

Bingung Bayar Zakat Secara Online? Begini Caranya!

Membayar zakat secara online melalui aplikasi adalah salah satu cara yang paling efektif karena aplikasi bisa Anda dapatkan dengan mudah di smartphone. Lalu aplikasi apa sajakah yang bisa dipilih untuk bisa menyalurkan zakat secara online? Berikut adalah aplikasi zakat online yang tepat, amanah, dan aman!

  1. Baznas

Aplikasi pertama yang bisa Anda pilih adalah Baznas, dengan aplikasi Baznas Anda bisa membayar dengan mudah semudah belanja online. Caranya adalah dengan mengunjungi situs Baznas terlebih dahulu, kemudian silahkan untuk mengisi informasi yang tertera dan pastinya dibutuhkan untuk identitas Anda.

Beberapa hal yang ditanyakan diantaranya adalah jenis zakat dan berapa orang yang akan membayar zakat. Jika informasi wajib sudah terpenuhi selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang ingin Anda pilih untuk membayar zakat, jika sudah konfirmasi pembayaran sesuai dengan panduan yang ada pada aplikasi Baznas.

Dengan aplikasi Baznas, Anda bisa membayar zakat jenis apapun seperti uang atau beras dan untuk memberikan zakatnya bisa melalui trasfer bank dan yang lainnya. Anda tidak perlu takut zakat Anda tidak tersalurkan karena Baznas adalah aplikasi yang mampu bekerja secara profesional, amanah, dan aman.

  1. Tokopedia

Tokopedia memang sebuah aplikasi multifungsi yang membuat pengguna nya bisa mengakses berbagai kebutuhan. Disaat pandemi seperti sekarang ini Tokopedia juga menawarkan jasa zakat online yang bisa Anda manfaatkan untuk menunaikan zakat. Tidak hanya belanja online, Anda bisa membayar zakat online dengan aman di Tokopedia. Jika Anda memiliki aplikasi Tokopedia di smartphone Anda, manfaatkan hal tersebut untuk menyalurkan zakat secara online.

Mengenai keamanan nya, Anda tidak perlu khawatir karena Tokopedia sendiri bekerja sama dengan aplikasi penyalur zakat seperti Rumah Zakat, Baznas, Rumah Yatim, NU Care-Laziznu, dan Dompet Dhuafa dalam menyalurkan zakat nya. Jenis zakat dan metode pembayarannya bisa Anda pilih dengan mudah di Tokopedia, cara nya juga hampir sama dengan cara berbelanja secara online.

  1. Bukalapak

Bukalapak juga menjadi salah satu aplikasi yang melayani zakat online secara mudah, aman, dan terpercaya. Dalam membayar zakat, Anda perlu memilih jenis zakat fitrah, zakat maal, atau zakat profesi. Selain itu jenis zakat yang akan ditunaikan dan metode pembayaran juga perlu Anda pilih agar transaksi bisa menjadi lebih mudah dan cepat. terdapat pula pilihan lembaga yang akan menerima zakat Anda, jadi silahkan pilih lembaga yang paling membutuhkan menurut Anda.

  1. Kitabisa

Kitabisa merupakan aplikasi yang bekerjasama dengan Organisasi Pengelola Zakat atau yang disingkat dengan OPZ. Silahkan buka laman kita bisa untuk menunaikan zakat dan transaksi keseluruhan akan dilayani melalui WhatsApp. Tenang saja, Kitabisa tetap memberikan pelayanan yang aman dan pasti amanah dalam menerima zakat secara online.

  1. Gojek

Gojek adalah aplikasi andalan semua orang ketika membutuhkan ojek online untuk pergi ke suatu tempat atau sekedar memesan makanan. Selain hal itu ternyata sekarang Gojek juga memberikan layanan zakat online atau GoGive untuk membantu seluruh umat Islam yang ada di Indonesia untuk menyalurkan zakat di tengah pandemi virus corona sekarang ini. Dalam menjalankan aksinya, Gojek bekerjasama dengan berbagai web zakat seperti Dompet Duafa, Baznas, Yayasan Rumpun Anak Pesisir, Griya Yatim dan Dhuafa, Kitabisa, dan lain sebagainya.

  1. Dana

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Dana, Dana adalah dompet digital yang siap untuk membantu masyarakat dalam melakukan zakat online yang pastinya sangat dibutuhkan disaat pandemi seperti sekarang ini. Selain menunaikan zakat fitrah, Dana juga memberikan fasilitas untuk menunaikan zakat profesi ataupun zakat maal. Karena ada berbagai pilihan dalam aplikasi ini, maka setelah Anda membuka aplikasi Dana silahkan klik fitur Dompet Dhuafa, pilih bayar zakat, masukan nominal zakat, terakhir klik Pay Zakat untuk membayar.

  1. LinkAja

Berbeda dengan yang lain, LinkAja kini juga menjadi aplikasi menunaikan zakat online di daerah Jakarta saja. LinkAja bekerjasama dengan BAZIS DKI untuk memberikan layanan zakat fitrah yang aman dan amanah. Jadi bagi Anda masyarakat DKI Jakarta silahkan untuk menggunakan aplikasi LinkAja dalam menunaikan zakat fitrah di tengah pandemi. Caranya juga sangat mudah karena terdapat arahan di dalam aplikasi LinkAja dalam menunaikan zakat.

Di era digital seperti sekarang ini, silahkan untuk menunaikan zakat secara online untuk meminimalisir penularan virus corona yang sedang terjadi. Semoga zakat online bisa membantu Anda untuk tetap berbuat baik dan menjalankan perintah Allah SWT. Semoga bermanfaat!

No comments:
Write comments