Thursday, 12 December 2019

Inilah Pengertian Infaq NU Online

Perkembangan e-commerce memang tidak pernah mengenal batas bidang dan juga ruang. Jika pada mulanya kita hanya kenal dengan pemakaian niaga atau transaksi yang berhubungan dengan pekerjaan. Akan tetapi saat ini dunia e-commerce telah merambah juga ke dunia aspek imanen. Salah satunya yaitu infaq online.



Dengan mulai munculnya beberapa aplikasi dari beberapa pasar di Indonesia seperti go-jek, Tokopedia dan aplikasi-aplikasi lainnya telah ikut dalam melengkapi fitur pembayaran zakat digital, sehingga semakin banyak pula yang menghubungkan aplikasi layanan.

Peralihan Pembayaran Zakat dan Infaq Online

Jika menurut dari berita harian, maka aturan peralihan model pembayaran zakat atau infaq tersebut pada dasarnya sudah mulai diterima pengaruhnya sejak tahun 2016 lalu. BAZNAS selaku badan amil zakat infak, wakaf online dan sedekah online juga pernah memberikan laporan di tahun ini bahwa aplikasi pembayaran online untuk melakukan pembayaran zakat semakin tumbuh pesat yaitu sebesar 12%. Sedangkan pada tahun 2019 ini telah diprediksi angkanya tumbuh sekitar 16%.

Terkait dengan preferensi masyarakat Indonesia dalam penggunaan media digital tersebut, maka basnas telah tampil yaitu dengan menghadirkan pasangan platform. Sedangkan dalam tubuh jam’iyah Nahdlatul ulama telah menghadirkan nucare-lazisnu yang dijadikan sebagai lembaga amil zakat yang dikelola sendiri oleh warga nahdliyin serta menghadirkan platform yang memberikan ruang bebas dari penggunaan media tersebut.

Pengertian Infaq

Sebelum kita berbicara terkait dengan infaq, maka kita harus meninjau tentang zakat. zakat sendiri merupakan nama bagi sejumlah harta tertentu yang jika dihitung sudah mencapai syarat tertentu untuk wajib melakukan atau mengeluarkan dan juga memberikan harta tersebut untuk yang berhak menerimanya. Tentunya dengan persyaratan-persyaratan tertentu supaya harta yang dimiliki bersih, suci, berkah, baik, tumbuh dan juga berkembang.

Sedangkan infaq itu sendiri berasal dari kata “anfaqa” yang artinya mengeluarkan sesuatu atau dalam hal ini adalah mengeluarkan harta untuk kepentingan sesuatu hal. Makna dari infaq itu sendiri yaitu mengeluarkan harta yang baik dan juga halal untuk hal-hal yang mubah atau diperbolehkan dalam rangka untuk beribadah pada Allah SWT.

Sedangkan pengertian infaq menurut para ahli fiqih yaitu segala jenis pembelanjaan yang dikeluarkan oleh seorang muslim untuk ia gunakan sebagai kepentingan dirinya sendiri, keluarganya dan juga masyarakat umum.

Jenis Infak

Infaq juga terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu infaq wajib dan juga infaq sunnah. Berikut ini pengertiannya:

• Infak Wajib

Infak wajib adalah memberikan harta kepada orang-orang yang menjadi tanggungannya. Seperti Infak untuk biaya hidup sendiri, istri dan anak-anak. Termasuk dalam kategori Infak yang wajib adalah kewajiban untuk menunaikan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat harta (dalam arti ini, Infak sinonim dengan zakat).

• Infak Sunnah

Infak sunnah adalah memberikan harta kepada orang atau pihak yang membutuhkan seperti berInfak kepada anak yatim, fakir dan miskin. Seperti memberikan hadiah dan hibah, memberikan donasi pada lembaga-lembaga sosial, dan lain sebagainya.
Kata Infak juga terkadang disebutkan dalam al – qur’an untuk harta yang dialokasikan oleh orang – orang kafir dalam memerangi Allah dan Rosulnya.

Keutamaan Infaq Online

• Memudahkan bagi seseorang untuk masuk ke dalam surga.
• Ahli infaq dan sedekah nantinya akan dipanggil untuk masuk surga dari sebelah pintu sedekah.
• Nabi Muhammad Saw bersabda, siapa orang yang ahli infaq dan sedekah, maka ia akan dipanggil (masuk ke dalam surga) dari pintu sedekah.” (Shahih Bukhari 2/1798).
• Terjaga dari api neraka.
• Menghapuskan dosa-dosa.
• Memperbanyak kebaikan dan melipatgandakan pahala di sisi Allah swt.
• Mensucikan jiwa dan mengikis sifat bakhil (kikir).
• Memberkahi dan menumbuhkan harta (melapangkan rezeki).
• Membuat seseorang mendapatkan perlindungan Allah SWT di terik matahari di padang mahsyar pada hari kiamat.
• Infaq dan Sedekah akan melapangkan dada, mengobati dan melenturkan hati yang keras.
• Harta yang diinfaqkan adalah harta sejati yang dimiliki untuk selamanya.
• Membersihkan harta.
• Menolak musibah

Itulah keutamaan dari infaq baik itu infaq secara langsung atau dengan infaq online. Sebab infaq online juga sama halnya dengan infaq pada umumnya sehingga pahala yang didapat juga sama. Kini sudah mengetahui bukan pengertian dari infaq online? Nah, tunggu apa lagi segera berinfaq tanpa alasan sibuk karena sudah bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman tangan tanpa beranjak dari zona nyaman Anda

No comments:
Write comments