Saturday, 20 October 2018

5 Efek Negatif Smartphone Bagi Kesehatan Kita

Bila anda pecandu smartphone, sebaiknya perlu mengetahui beberapa efek negatif smartphone bagi kesehatan manusia yang mungkin belum Anda ketahui.

Meski perkembangan teknologi komunikasi telah membawa perubahan yang signifikan, namun perlu juga kita sadari, efek smartphone tidak selalu positif, efek negatifnya bagi kesehatan juga banyak, yang mungkin akan dirasakan kelak dalam jangka panjang.

5 Efek Negatif Smartphone Bagi Kesehatan Kita

Bahkan saat ini sudah banyak orang yang boleh di bilang telah kecanduan menggunakan #smartphone atau gadget dalam gaya hidupnya setiap hari

Cobalah hitung sendiri berapa kali Anda menggunakan smartphone setiap sehari ? Sepuluh kali ? atau bahkan puluhan kali dalam sehari ?

Baca Juga : 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Berbelanja di Toko Handphone Online

Selain itu coba dihitung berapa lama waktu yang Anda buang dalam sehari ketika ber smartphone ria ? Efektifkah penggunaanya ?

Bila dihitung, dalam sehari setidaknya rata-rata orang menggunakan smartphone selama 1 sampai 2 jam setiap hari – Belum lagi bagi mereka yang kecanduan menggunakan perangkat cerdas ini hanya untuk sekedar bermain game, mendengarkan lagu dan sebagainya yang tidak produktif.

5 efek negatif smartphone dirangkum dari Health.com

Efek negatif radiasi smartphone

Efek radiasi yang dipancarkan oleh smartphone memang tidak menimbulkan efek langsung dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, efek negatif smartphone akibat paparan radiasi dalam jangka waktu yang lama, tentu akan menimbulkan dampak yang merugikan kesehatan tubuh – Dan mungkin bisa saja menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh.

Untuk melindungi efek radiasi negatif smartphone dari paparan radiasinya, sebaiknya gunakan bluetooth nirkabel, ini untuk mengurangi posisi memiringkan kepala saat kita bercakap-cakap menggunakan smartphone – Yang jika terlalu lama tentu saja kurang baik.

Meskipun efek negatif smartphone dari paparan radiasi smartphone lebih kecil dibandingkan dengan telephone analog, namun juga perlu kita sadari, bahwa besaran paparan radiasi dari smartphone juga berbeda pada setiap merek. Ada merek smartphone tertentu yang memancarkan radiasi lebih besar dan ada yang lebih kecil.

Pada telephone analog menggunakan energi 1,3 watt, sementara pada smartphone atau telephone digital, menggunakan energi listrik sebesar 0,6 watt.

Efek negatif smartphone bagi kesehatan mata

Menurut Dr David Allamby, pendiri Focus Clinics, di Inggris, kasus Miopi mata mengalami peningkatan hingga 35%, sejak era smartphone dimulai sekitar tahun 1997 silam – Dan ia mempercayai naiknya penderita Miopi mata ini akan terus meningkat hingga mencapai 50% dalam 10 tahun mendatang.

Prediksi David Allamby ini cukup masuk akal, mengingat perkembangan teknologi ponsel dan berbagai gadget cerdas ini telah meningkat sangat pesat, dalam 2-3 tahun terakhir di seluruh dunia.

Efek negatif smartphone secara psikologis

Hasil penelitian menunjukan pengguna smartphone di dominasi oleh kaum remaja dan dewasa usia 18-24 tahun, dan celakanya lagi, bahkan kini penggunaan smartphone mulai menjadi trend dikalangan anak-anak dibawah umur, yang justeru seringkali diberikan oleh orang tua mereka untuk mendiamkan anak yang rewel.

Penggunaan smartphone hanya terpaut sekitar 30 cm dari wajah, bahkan banyak juga yang memegangnya hanya terpaut sekitar 18 cm dari wajah – Sementara, dibandingkan dengan membaca buku yang tidak memiliki radiasi, pada umumnya orang membaca dengan jarak 30-40 cm dari wajah atau mata.

Maka bisa kita bayangkan, efek negatif smartphone apa saja yang yang akan terjadi pada anak-anak dan remaja pada 10-20 tahun mendatang ? Siapa yang tahu ?

Penularan Kuman

Meski belum ada penelitian mengenai potensi penularan kuman pada pemakaian smartphone, namun potensi negatif kemungkinan penularan kuman di smartphone juga tidak bisa begitu saja dinafikan begitu saja – Pasalnya, ketika sesorang menggunakan smartphone, pernakah mereka cuci tangan terlebih dahulu ?

Contoh sederhana, misalnya ketika usai berjabat tangan, dan kemudian menggunakan smartphone, rasanya mustahil orang akan mencuci tangan terlebih dahulu – Atau misalkan ketika kita baru saja memegang sesuatu yang tidak higienis (uang, barang dsb), kemudian ponsel berdering dan langsung di jawab. Bukan mustahil potensi penularan kuman seperti ini selayaknya patut kita sadari pula.

Efek negatif smartphone pada tulang leher belakang

Menurut studi Dr Kenneth Hansraj, seorang ahli bedah tulang dari New York, Amerika, dalam “Assessment of Stresses in the Cervical Spine Caused by Posture and Position of the Head” yang dirilis dalam Jurnal Surgical Technology International mengatakan ada beberapa kerugian bagi tulang leher belakang, ketika kita terlalu sering menggunakan smartphone.

Berdasarkan simulasi software yang disesuaikan dengan postur anatomi tubuh manusia, ia mengatakan bahwa ketika kepala miring dan membungkuk sekitar 15 derajat, maka tulang leher belakang akan mengalami tekanan yang setara dengan beban sekitar 27 pound.

Bahkan tekanan lebih besar pada leher tulang belakang akan terjadi ketika kita membungkukkan kepala 45 derajat, misalnya ketika sedang melihat atau ber sms an.

Pada posisi tubuh membungkuk seperti ini menurut Dr Kenneth Hansraj, tidak main-main, tulang leher akan mengalami tekanan hingga seberat 60 pound atau setara dengan 30 kilogram – Atau setara dengan berat badan anak berusia 8 tahun yang menggantung di leher Anda. Nah Anda bisa bayangkan sendiri khan, berapa berat tekanan pada tulang leher yang tidak kita sadari.

Dalam studi tersebut juga terungkap, bahwa setidaknya sekitar 2-4 jam orang berada pada posisi membungkuk ketika memeriksa atau ketika sedang ber sms. Anda bisa bayangkan sendiri ada berapa besar tekanan yang terjadi pada tulang leher belakang kita setiap hari.

Sayangnya studi ini tidak jelas menyebutkan efek kerusakan apa saja yang akan terjadi pada ruas leher tulang belakang kita bila hal ini dilakukan selama bertahun-tahun – Dr Kenneth Hansraj hanya menyebutkan, bahwa dalam jangka panjang, hal ini akan merusak kesehatan tulang leher belakang, namun tidak merinci secara mendetail kerusakan apa saja yang akan dialami.

Nah dengan setidaknya mengetahui beberapa efek negatif smartphone yang merugikan tubuh ini – Belum termasuk dampak efek negatif pada masalah psikologis, kurangnya berkomunikasi dengan keluarga akibat sibuk sendiri dengan smartphone

Mungkin kini saatnya anda mengurangi ketergantungan terhadap smartphone setiap hari, dan menggunakannya hanya pada saat yang perlu saja, untuk mengurangi kemungkinan efek negatif smartphone yang merugikan kesehatan kita.

No comments:
Write comments