Sunday, 2 September 2018

Tips Mengatur Keuangan dalam Diri Mahasiswa dengan Baik

Mahasiswa merupakan salah satu sosok yang memang identik dengan pendanaan yang terbatas, dan selalu bergantung pada sistem pengiriman keuangan dari orang tua mereka. Oleh karena itu sistem pengaturan keuangan haruslah dijaga dengan baik, agar nantinya dana yang dimiliki dapat digunakan sebagai pemenuh kebutuhan dalam keseharian mereka selama jangka waktu tertentu hingga kiriman dari orang tua datang kembali. Selain mengatur sistem keuangan dalam diri mereka, agaknya mencari pendapatan sampingan pun harus dilakukan, agar nantinya plot yang belum tertutupi dapat terpenuhi dengan baik. Bagi Anda para mahasiswa yang selama ini mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat Anda gunakan.




Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengatur sistem keuangan bulanan menjadi lebih baik, adalah melakukan penghematan dalam berbagai lini. Salah satu hal utama yang harus Anda kurangi dengan cukup signifikan adalah waktu bermain ataupun nongkrong dengan teman kuliah Anda maka dari itu kata kata motivasi sangat berguna bagi mahasiswa supaya ada yang terus mengingatkan baik itu oleh pacarnya ataupun orangtuanya dengan balutan kata motivasi tidak kebamblasan dalam mengatur keuangannya. Ada baiknya jika Anda memiliki waktu luang yang panjang, maka gunakanlah waktu tersebut untuk melakukan pekerjaan sampingan ataupun mengerjakan tugas kuliah Anda, sehingga tidak akan sia-sia dan menghabiskan budget Anda hanya untuk bermain dan berkumpul bersama teman.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan agar sistem keuangan bulanan Anda sebagai mahasiswa dapat berjalan dengan lancar, antara lain adalah:

  • Membuat daftar kebutuhan yang harus dipenuhi selama 1 bulan penuh, dengan memprioritaskan berbagai kebutuhan pokok dalam jajaran utama daftar tersebut. Kebutuhan seperti kos, makan dan perlengkapan kebersihan menjadi hal utama yang harus Anda prioritaskan.
  • Masukkan uang kiriman yang Anda dapatkan dari orang tua, diluar biaya kuliah untuk memenuhi plot utama dalam daftar kebutuhan Anda terlebih dahulu. Jika memang terdapat kekurangan dana, maka akan lebih disarankan daftar kebutuhan terakhir terlebih dahulu yang Anda korbankan.
  • Sedapat mungkin pilihlah tempat kos yang berdekatan dengan kampus tempat Anda menimba ilmu, dan jangan segan untuk berbagai kamar dengan rekan, untuk mengurangi biaya sewa kamar kos tersebut.

Untuk menekan budget makan Anda setiap bulannya, akan lebih disarankan bagi Anda untuk memasak sendiri menu makanan bersama dengan teman kos Anda. Dengan mengolah sendiri makanan yang Anda butuhkan, tidak hanya penghematan yang Anda lakukan, namun menu makanan yang lebih bervarian dan menyehatkan pun dapat Anda nikmati bersama dengan rekan kos Anda.

Rintislah usaha sampingan bersama dengan rekan kuliah ataupun rekan kos Anda, untuk dapat memperoleh penghasilan tambahan yang dapat digunakan untuk menutup plot budgeting yang masih kosong. Manfaatkanlah sebaik mungkin waktu luang yang Anda miliki untuk dapat menghasilkan keuntungan yang dapat Anda gunakan sebagai biaya hidup, sehingga nantinya Anda tidak harus bergantung pada kiriman yang diberikan oleh orang tua.

No comments:
Write comments