Monday, 27 August 2018

Wajib Tahu, Inilah Ketrampilan Dasar Mekanik untuk Para Pengendara Motor


Transportasi tentu adalah benda yang amat sangat penting sekali di era modern seperti saat ini. Alasannya karena transportasi mampu memberikan kemudahan untuk masyarakat menuju tempat tujuannya. Mengingat transportasi umum yang masih belum bisa memenuhi kebutuhan secara total, maka tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi yakni sepeda motor. Ya, dengan bentuknya yang simpel dan ramping, maka bisa menjadikan para pengendaranya lebih mudah dalam berkendara.



Namun bagi para pengendara motor ada baiknya untuk tak hanya tahu tentang cara berkendara motor saja. Anda pun juga harus tahu tentang ketrampilan dasar mekanik yang dibutuhkan untuk pengendara motor sehingga jika terjadi apa-apa di jalanan, maka masih bisa terkontrol. Beberapa ketrampilan dasar ini butuh latihan, namun tak serumit yang dibayangkan. Sebetulnya apa saja ketrampilan dasar yang dimaksud? Berikut ini ringkasannya:


  • Ketrampilan untuk bisa melepas dan memasang tebeng, fairing, bagian koverbody pada sepeda motor dan juga spakbor di motor Anda.
  • Ketrampilan dalam melepas, ganti dan memasang kembali busi di motor Anda sendiri.
  • Ketrampilan dalam pemilihan oli serta mengganti oli motor sendiri pun akan jadi keuntungan yang maksimal untuk Anda.
  • Ketrampilan untuk bisa membuka serta memasang filter box udara. Anda pun juga harus mampu membersihkan bagian filter udara sendiri dan kemudian menyetelnya.
  • Ketrampilan untuk bisa setel kekencangan rantai serta sepeda motor Anda.
  • Ketrampilan lainnya juga adalah dengan kemampuan untuk bisa setel kekencangan rantai di sepeda motornya.
Itulah beberapa ketrampilan dasar yang bisa Anda pelajari sebagai pengendara motor. Dengan kemampuan dasar tersebut, maka Anda akan bisa dengan mudah mengontrol kondisi motor Anda selalu. Namun bagaimana cara untuk bisa menguasai semua ketrampilan dasar tersebut? Berikut ini tipsnya:

  • Anda bisa mempelajarinya dengan melihat serta mempelajari saat mekanik lakukan servis motor. Dengan Anda melihat dan mengingat lalu praktekkan, maka Anda akan bisa latihan sendiri di rumah.
  • Anda pun bisa mempelajari melalui internet dimana sudah ada banyak grup diskusi motor dan kendaraan. Anda bisa bertanya, hingga melihat video-video servis motor sehingga bisa langsung dipraktekkan.
  • Mengikuti kursus motor juga bisa dilakukan sebagai solusi untuk menambah ilmu Anda tentang dunia motor. Tak hanya pria, wanita juga bisa mengikuti kursus seperti ini.
  • Untuk semua pelajaran yang Anda dapat tersebut, yang terpenting adalah dengan melakukannya sendiri di rumah dengan praktik.


Itulah beberapa ketrampilan dasar yang seharusnya dimiliki oleh para pengendara motor. Mungkin untuk mendapatkan semua ketrampilan tersebut butuh waktu, namun pasti akan ada kepuasan tersendiri untuk Anda yang bisa melakukannya sendiri.

No comments:
Write comments