Tuesday, 7 August 2018

Tips Kemudikan Mobil Manual dengan Mudah, Lancar dan Cepat


Mobil memang menjadi kendaraan yang saat ini amat diandalkan. Alasannya karena mobil memang mampu berikan kenyamanan serta keamanan lebih. Tak heran jika kini pemilik mobil pribadi sangat banyak. Mungkin banyak yang berfikir jika mengendarai mobil merupakan hal yang enteng dan mudah. Hal ini tidak bisa dipandang salah, namun tak bisa dibilang benar juga. Mengemudikan mobil tidak semudah kelihatannya.

Bagi Anda yang memiliki mobil manual, maka mungkin kerapkali merasakan lelah ketika mengemudi. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika mengemudikan mobil manual:

1. Masuklah mobil dalam kondisi datar

Anda harus masuk ke mobil dalam posisi yang datar lalu pakai sabuk pengaman dulu sehingga keamanan di perjalanan. Sabuk pengamanan pun memiliki fungsi bagi Anda yakni dengan memakai sabuk pengaman. Lanjut dengan membuka kaca samping sehingga bisa dengarkan suara pada mesin mobil secara jelas sehingga Anda pun bisa perkirakan kapan Anda bisa mulai masukkan gigi.


2. Atur posisi tempat duduk
Sebelum kendarai mobil, ambil posisi ternyaman Anda untuk duduk. Hal ini karena tempat duduk akan bisa pengaruhi kaki Anda untuk injak rem, kopling hingga gas. Dengan pijakan yang pas, maka posisi tubuh pun akan nyaman dirasakan. Kenyamanan ini amat penting, terutama jika Anda bepergian di jarak yang jauh.


3. Kenali semua fungsi pedal

Ketahui cara dan fungsi pada pedal yang ada di mobil. Pedal kiri yang menggunakan kaki kiri adalah pedal kopling. Pedal di tengah adalah pedal untuk rem, sedangkan pedal di kanan juga merupakan pedal rem. Dengan mengenali fungsinya secara jelas, maka Anda sudah siap untuk berkendara.


4. Kuasai kopling

Kopling yakni alat dengan fungsi untuk putuskan putaran mesin dan juga putaran roda yang berhubungan. Selain itu kopling pun memiliki fungsi untuk bisa mengubah gigi ataupun menambah dan juga kurangi gigi yang Anda akan gunakan tanpa harus rusak roda gigi masing-masing pada gigi transmisinya.


5. Operasikan pedal
Di dalam pengoperasian pada pedal, Anda butuh konsentrasi dalam mengingat tentang bagaimana jarak dari ayunan pedal serta jarak pedal rem serta pedal gasnya. Untuk Anda yang mengemudi mobil dengan manual, maka Anda wajib bisa membiasakan diri melepas pedal kopling dengan pelan dan teratur.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih nyaman dan cepat dalam mengemudikan mobil manual. Selain itu, jangan lupa keselamatan dan keamanan berkendara yang harus dimaksimalkan sehingga bisa selamat sampai tujuan. Yang jelas, jangan berkendara dengan ngebut dan ikuti aturan lalu lintas sehingga tak hanya Anda yang selamat, namun seluruh pengendara di jalanan juga selamat dan tertib.


No comments:
Write comments