Wednesday, 22 August 2018

Smartphone Anda Lamban? Ini Dia Solusinya!

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki yang namanya ponsel pintar atau smartphone. Dengan smartphone, Anda bukan hanya bisa menghubungi seseorang layaknya penggunaan handphone, namun juga dapat melakukan banyak hal dengan berbagai aplikasi yang disediakan. Aplikasi smartphone ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar di play store. Banyak sekali jenis aplikasi yang bisa membuat hidup Anda semakin mudah dan nyaman dari aplikasi chat atau komunikasi, hingga hiburan dan bisnis.




Manfaat aplikasi yang sangat beragam, membuat pemilik smartphone terkadang lupa bahwa ponsel pintar mereka memiliki limit dalam menyimpan dan menjalankan aplikasi yang ada. Ada akibat yang mesti dialami bagi pemilik smartphone yang mengalami kelebihan instalasi aplikasi yaitu smartphone menjadi lambat dalam mengerjakan perintah. Selain itu beberapa smartphone yang memiliki beban berlebih menjadi mudah panas dan hang karena prosesor bekerja terlalu keras. Pastinya Anda tak ingin terjadi sesuatu yang buruk terhadap smartphone andalan bukan? Tak perlu khawatir karena semua gejala lambatnya smartphone bisa diatasi tanpa Anda harus membawa ponsel kesayangan ke pusat service untuk menjadi normal kembali.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kinerja smartphone menjadi seperti sedia kala:


1. Kurangi aplikasi.


Pertama dan yang paling penting adalah mengurangi aplikasi yang terinstal di dalamnya. Anda bisa memilih aplikasi mana yang tidak terlalu dibutuhkan. Umumnya smartphone akan memberikan petunjuk aplikasi mana yang jarang Anda gunakan sehingga bisa langsung dihilangkan.


2. Menghapus file.

Terlalu sering mengambil gambar menggunakan kamera atau video juga akan membuat memory smartphone Anda akan habis terpakai. Jika yang digunakan adalah memory internal maka kinerja smartphone akan cepat sekali menjadi lebih lambat. Karenanya hapuslah file simpanan secara berkala baik berupa foto, video, dokumen, file suara dan sebagainya agar prosesor lebih cepat dalam mencari file yang diperlukan.


3. Menghapus cache.


Cache merupakan memory yang disimpan oleh smartphone untuk memudahkan Anda mengakses aplikasi seperti penyimpanan password, pengaturan aplikasi, akun dan lain sebagainya.


4. Upgrade harddisk dan RAM.

Jika Anda tak ingin menghapus aplikasi dan pengaturan yang telah ada di dalam smartphone, maka cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan mengupgrade memory eksternal yang digunakan agar kapasitasnya menjadi lebih luas. Selain itu adalah dengan meningkatkan RAM sehingga lebih banyak aplikasi dan program yang bisa dibuka secara bersamaan.


Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk kembali mendapatkan kinerja smartphone seperti sedia kala. Jangan khawatir untuk mengutak-atik smartphone Anda sendiri terlebih dahulu jika tak ingin menghabiskan banyak budget dengan membawanya langsung ke pusat service. Lakukan pembersihan file dan cache secara berkala untuk mencegah smartphone kembali menjadi lambat dan cepat panas.

No comments:
Write comments