Monday, 23 July 2018

Tips Merawat Layar dan Baterai Smartphone dengan Benar dan Tepat

Smartphone merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini. Smartphone merupakan barang yang perlu dimiliki untuk dapat mengakses berbagai hal melalui aplikasi dengan bantuan jaringan internet. Sebagai pengguna smartphone maka perawatan smartphone perlu dilakukan supaya penggunaannya lebih awet. Terutama untuk layar dan baterai smartphone yang digunakan sering menjadi permasalahan dan membuat penggunaan dan kualitas smartphone menurun. 

Hasil gambar untuk perawatan layar smartphone
 
Berikut adalah tips merawat layar smartphone diantaranya:

  • Bersihkan layar dengan kain lembut, seperti kain microfiber yang biasa digunakan untuk lensa kacamata karena penggunaan kain kasar dan tisu akan membuat layar tergores.
  • Gunakan gel alkohol untuk bersihkan layar, dengan menuangkan gel alkohol pada kain pembersih dan bersihkan permukaan tengah layar kemudian bagian tepi smartphone.
  • Jangan menekan layar terlalu kencang, hal ini akan berbahaya bagi panel layar smartphone, selain itu smartphone dibekali layar sentuh yang responsif terhadap sentuhan.
  • Jangan gunakan kuku, kuku yang memiliki ujung runcing berbahaya untuk layar yang menimbulkan goresan.
  • Jangan letakkan sembarangan, pastikan menyimpannya berbeda dengan barang yang dapat menyebabkan goresan pada layar.
  • Gunakan screen protector, hal ini supaya goresan kecil ataupun bekas noda tidak langsung menempel pada layar.
Selain beberapa hal diatas, gunakan juga aksesoris tambahan seperti flip cover yang membuat smartphone aman saat disimpan. Jangan panik saat layar tergores, oleskan pasta gigi atau krim pembersih motor pada layar tergores dan ratakan lalu lap dengan kain microfiber. Jauhkan smartphone dari paparan medan magnet, hal ini akan membuat hasil gambar pada layar akan menjadi rusak dan gambar juga dapat bengkok dan tidak presisi. Hindari juga dari sinar matahari yang membuat panel layar mudah rusak.

Berikut adalah tips merawat baterai smartphone diantaranya:

  • Hindari mode getar, hal ini membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator sehingga baterai harus bekerja lebih.
  • Jangan biarkan smartphone overheat, hal ini dikarenakan penggunaan yang terus menerus dan sebaiknya menggunakan kamera seperlunya.
  • Hindari permukaan panas, panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan beresiko membuat baterai smartphone menjadi cepat kembung.
  • Jangan charge baterai semalaman, hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone dan membuat baterai smartphone cepat rusak.
  • Aktifkan battery saver, saat baterai smartphone dalam keadaan low-batt maka sistem otomatis mengurangi performa CPU. Jika smartphone dalam keadaan full performance saat smartphone low-batt akan memicu kualitas dan umur smartphone.

Selain diatas, jauh aplikasi yang banyak iklan karena akan membuat baterai boros dalam jangka panjang akan memperpendek umur baterai. Fitur lokasi yang aktif akan berpotensi mempercepat baterai habis dan dalam waktu sebulan baterai akan cepat sekali drain. Atur juga layar smartphone dengan tingkat kecerahan yang rendah.

No comments:
Write comments