Wednesday, 18 July 2018

Tips Cerdas Mengatur Keuangan yang Bisa Diterapkan Oleh Anak Kost

Demi meraih mimpinya banyak anak muda memilih untuk merantau ke kota lain untuk menempuh pendidikan yang diinginkannya. Lewat pendidikan yang tinggi dan sesuai dengan minat maka seseorang punya modal untuk memperbaiki kualitas hidupnya di masa mendatang. Keputusan untuk merantau tak pelak menuntut anak muda ini menjadi anak kost sehingga tak hanya perlu belajar mandiri saja. Akan tetapi juga belajar bagaimana mengatur keuangan secara cerdas sehingga kebutuhan selama menempuh pendidikan tidak keteteran. 

Gambar terkait
 
Kebanyakan pelajar dan mahasiswa yang menjadi anak kost mengandalkan kiriman orangtua namun ada pula yang memilih bekerja freelance untuk menyambung hidup. Supaya uang yang dimiliki mampu mencukupi kebutuhan Anda maka atur dengan beberapa tips berikut:

1. Catat biaya atau kebutuhan,

Mulai mengatur keuangan ketika berstatus sebagai mahasiswa rantauan bisa dengan membuat daftar biaya atau kebutuhan. Lalu berikan perkiraan besarnya biaya yang dikeluarkan per kebutuhan tersebut sehingga bisa menghitung ada dana sisa atau tidak. Jika ada sisa baiknya disimpan saja jangan berpikir memakainya bersenang-senang terutama untuk yang tidak mungkin minta uang jajan tambahan.

2. Manfaatkan fasilitas untuk mahasiswa ataupun pelajar,


Menghemat pengeluaran selama menjadi anak kost tentu wajib untuk dilakukan sehingga tidak terbiasa berfoya-foya dan boros. Mulailah dengan lebih memilih memanfaatkan fasilitas gratis untuk mahasiswa atau pelajar dari berbagai pihak. Misalnya memilih naik angkutan umum dengan tarif mahasiswa yang ramah di kantong, memilih meminjam buku diperpus ketimbang membeli baru, dan lain sebagainya. Fasilitas murah ini dijamin banyak dan bisa dimanfaatkan untuk menekan pengeluaran Anda selama merantau.

3. Kurangi atau jauhi kebiasaan nongkrong tidak jelas,

Anak muda biasanya dekat dengan kebiasaan nongkrong santai bersama teman-temanya yang tentu tak selalu bebas biaya. Ada kalanya teman memilih jajan minuman Anda pun mengikuti pilihan tersebut, lebih apes saat diminta menjadi bos dulu sehingga mentraktir teman saat jajan. Baiknya kurangi intensitas Anda untuk berkumpul tidak jelas terutama di tempat bergengsi hanya karena malu dicap mahasiswa atau pelajar miskin. Sebab kebutuhan pendidikan Anda lebih banyak dan lebih penting untuk didahulukan.

4. Kreatif dalam mencari penghasilan tambahan,


Menjadi anak muda yang merantau demi pendidikan terbaiknya tentu tidak selalu mudah apalagi jika sudah dikaitkan dengan yang namanya uang jajan. Perlu diatur sedemikian rupa agar sebelum kiriman berikutnya datang tidak harus berpuasa karena kehabisan uang. Salah satu opsional yang bisa diambil adalah dengan kreatif mencari penghasilan tambahan sehingga bisa menambal kebutuhan selama menempuh pendidikan. Bisa dengan berjualan atau menjadi guru les privat sehingga bisa dijalankan di tengah kesibukan belajar di kampus atau sekolah.

No comments:
Write comments