Tuesday, 12 June 2018

Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Menghemat Gaji Bulanan

Bagi pekerja, saat yang paling menyenangkan adalah saat menerima gaji bulanan. Sehingga tidak heran setelah sebulan penuh bekerja menguras tenaga dan pikiran, upah atau gaji merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu. Menggunakan gaji dengan lebih berhemat atau boros semua keputusan ada di tangan masing-masing pemiliknya. Namun tentu Anda tidak mau bukan, jika uang yang Anda hasilkan dengan memeras keringat selama sebulan penuh menguap dengan sia-sia?. Terlebih jika Anda menghabiskan uang untuk hal yang belum tentu berguna. Mengelola finance gaji memang harus Anda lakukan dengan perhitungan. Salah-salah belum mendekati akhir bulan, uang gaji yang Anda miliki sudah habis duluan. Sehingga mengharuskan Anda mengambil uang tabungan atau bahkan lebih parahnya lagi berhutang.


Gaji yang tidak awet bisa jadi karena Anda salah melakukan pengelolaan sehingga penghasilan yang mampir ke kantong Anda hanya lewat begitu saja tanpa perhitungan sama sekali. Jika hal ini sering terjadi setiap bulannya, bisa dipastikan kondisi yang besar pasak daripada tiang ini akan membuat Anda kesulitan keuangan nantinya. Alih-alih bisa menabung untuk kebutuhan di masa mendatang, Anda bisa saja harus berhutang untuk menutupi kekurangan finansial setiap bulannya. Nah, untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang semoga saja bisa membantu agar Anda bisa lebih menghemat gaji bulanan Anda:

  • Lakukan pembagian pengeluaran dan tabungan setelah menerima gaji.
Anda bisa mengelola finance gaji Anda dengan cara memisahkannya terlebih dahulu antara pengeluaran untuk kebutuhan dengan tabungan. Lakukan pembagian ini di awal bulan, tepatnya setelah Anda menerima gaji. Lakukan identifikasi pengeluaran apa saja yang menyebabkan keuangan Anda membengkak. Misalnya jika untuk uang makan Anda ternyata lebih banyak, maka ini saatnya untuk Anda mulai mengurangi kebiasaan jajan di luar.

  • Membiasakan membawa uang tunai yang pas saat bepergian.
Tentu Anda sudah mengetahui pengeluaran Anda untuk satu hari bisa menghabiskan uang berapa saja, misal untuk uang transportasi, uang makan, uang parkir, dlsb . Dari situ Anda bisa mengetahui berapa jumlah uang yang harus Anda bawa setiap harinya. Anda cukup membawa uang secukupnya saja untuk menghindari Anda ingin menggunakan uang hal lain.

  • Jangan sering-sering ke mall.
Mall merupakan tempat untuk hangout, berbelanja, mencari hiburan atau sekadar makan-makan. Tanpa disadari hal ini yang menyebabkan uang Anda cepat menipis bahkan di saat belum akhir bulan. Untuk itu kurangi kebiasaan jalan ke mall untuk sekedar memenuhi kebutuhan entertain ataupun makan.

  • Mengurangi kebiasaan makan di luar.
Sekali-sekali makan di luar boleh saja Anda lakukan. Namun jika hal ini sering Anda lakukan, tidak menutup kemungkinan finance gaji Anda habis hanya untuk kegiatan makan. Sebaiknya Anda mulai memasak sendiri untuk kebutuhan makan Anda. Selain lebih hemat, juga akan semakin meningkatkan skill memasak Anda.

No comments:
Write comments