Friday, 22 June 2018

Tips Mudah yang Bisa Diterapkan Agar Mobil Anda Lebih Irit BBM

Salah satu pengeluaran rutin untuk orang yang memiliki kendaraan mobil adalah biaya bensin atau bahan bakar minyak (BBM). Sebagai salah satu komponen penggerak kendaraan, fungsi BBM sangatlah penting. Namun sayangnya, tak sedikit yang mengeluhkan kebutuhan BBM kendaraan mereka cukup berlebih atau boros. Sehingga tak sedikit yang harus mengeluarkan uang berlebih agar kendaraan roda empat mereka bisa digunakan untuk bepergian. Sedikit informasi, sebenarnya gaya serta kecakapan berkendara ternyata sangat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan. Kendaraan yang sama namun di kemudikan oleh dua orang yang berbeda, bisa menghabiskan bahan bakar yang berbeda. Bisa saja yang satu boros sedangkan yang satunya lagi irit.


Mengingat faktor berkendara sangat mempengaruhi irit dan tidaknya bahan bakar, maka berikut ini ada beberapa tips berkendara yang lebih efisien menyerap bahan bakar:

  • Tidak menggunakan kendaraan untuk menempuh jarak dekat.
Ternyata kendaraan akan jauh lebih boros dan mengeluarkan lebih banyak polusi saat dinyalakan dan di kemudikan dengan jarak yang pendek. Hal ini karena catalytic converter tidak bisa beroperasi dengan baik sampai mesin benar-benar hangat. Untuk perjalanan kurang dari 5 km umumnya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai suhu operasi puncaknya. Sehingga lebih baik pergunakan sepeda saja untuk menempuh perjalanan jarak pendek.

  • Mengemudikan kendaraan dengan gigi yang tepat.
Mengemudikan dengan gigi rendah akan membuat mobil lebih boros BBM. Sedangkan untuk melintasi jalanan yang menanjak dengan top gear juga menguras BBM. Jika menggunakan transmisi manual, segera pindahkan gigi saat kendaraan nyaman dengan gigi yang lebih tinggi, tetapi tanpa berakselerasi berlebihan.

  • Berkendara dengan halus.
Mengemudi dengan kecepatan yang konstan akan membuat kendaraan jauh lebih efisien dan sedikit mengeluarkan polusi. Hindari bepergian di jam-jam sibuk agar Anda tidak terlalu sering menginjak pedal gas dan menyebabkan bensin cepat berkurang.

  • Jangan terlalu lama memanaskan kendaraan.

Kebanyakan kendaraan tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum di kemudikan, terlebih jika masih baru. Karena memanaskan kendaraan akan membuang bahan bakar.

  • Tidak mengemudikan kendaraan dengan ngebut.
Saat mengemudi dengan kecepatan lebih dari 90 km/jam, konsumsi BBM akan ikut meningkat. Untuk itu sebaiknya mengemudi dengan kecepatan konstan.

  • Melepaskan bagian eksterior kendaraan yang kurang penting.
Bagian tambahan eksterior, seperti atap, spoiler, atau membiarkan jendela dengan terbuka akan menimbulkan hambatan udara dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Untuk itu lepaskan saja atap atau rak disaat tidak digunakan.

  • Memperhatikan tekanan angin pada ban.
Ban yang kempes juga menjadi penyebab kendaraan boros BBM. Untuk itu perhatikan tekanan angin pada ban agar menghemat BBM. Selain juga untuk memperpanjang usia ban.

  • Jangan menggunakan AC terlalu sering.
Menggunakan AC berlebihan akan menghabiskan bahan bakar 10 % lebih banyak. Untuk itu jika tidak terlalu panas di dalam mobil, sebaiknya AC dimatikan saja.

No comments:
Write comments