Saturday, 2 June 2018

Tips Mudah Merawat Aki Motor Secara Rutin Agar Tahan Lama

Menjaga dan merawat barang atau juga kendaraan yang Anda miliki merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan dan di sadari oleh setiap orang. Kendaraan pribadi seperti motor yang menjadi paling banyak di miliki dan digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai kendaraan harian mereka untuk bekerja atau sekolah pastinya membutuhkan perawatan yang tepat dan harus dilakukan secara rutin. Salah satu bagian di dalam motor yang Anda miliki dan pakai setiap harinya yang sangat penting untuk di rawat dengan baik adalah aki motor, yang memiliki fungsi serta kegunaan yang sangat penting di dalam motor untuk bisa tetap membuat motor Anda tetap bisa nyala dan digunakan seperti sediakala nantinya.


Untuk melakukan perawatan terhadap aki motor Anda tidak membutuhkan cara yang sulit dan juga bisa dilakukan sendiri di rumah yang harus dilakukan secara teratur setiap harinya, agar kondisi aki motor Anda nantinya tetap terjaga dengan baik dan yang pasti akan awet dan tahan lama. Karena jika aki motor Anda sudah bermasalah atau mati pastinya mesin motor Anda pun akan berpengaruh yang akan membuat Anda harus mengganti aki motor Anda dengan aki yang baru, sedangkan untuk harga dari aki motor saja membutuhkan biaya yang cukup besar.

Berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan di rumah setiap harinya sebelum menggunakan motor Anda agar bisa menjaga kualitas dan kondisi aki motor Anda nantinya. Tips untuk merawat dan menjaga aki motor agar tetap baik dan bagus di pakai, antara lain adalah sebagai berikut ini:

  1. Setiap hari sebelum menggunakan motor Anda, mesin motor harus di panaskan terlebih dahulu dengan cara menyela atau menyalakan mesin motor dengan cara manual terlebih dahulu. Lakukan setidaknya 5 hingga 10 menit lamanya.
  2. Jangan menyalakan mesin motor dalam keadaan atau kondisi yang terlalu lama jika memang tidak di butuhkan. Karena nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi aki motor Anda.
  3. Kondisi motor yang cukup lama tidak digunakan pun akan bisa mempengaruhi aki motor Anda nantinya, yang mana kegiatan memanaskan mesin motor setiap hari di pagi hari sangatlah di butuhkan dan di perlukan.

Perawatan yang dilakukan di dalam aki motor memang sangat penting, karena nantinya jika aki motor Anda bermasalah akan memberikan dampak yang tidak baik di mesin atau bagian dalam motor yang lainnya. Seperti halnya mesin yang tidak mau di nyalakan, hingga klakson motor yang akan mati secara bersamaan dengan matinya atau rusaknya aki motor Anda, yang tentunya akan sangat berbahaya dan membuat Anda tidak nyaman mengendarai motor Anda nantinya.

No comments:
Write comments