Friday, 4 May 2018

Tips Menjalankan Usaha Jual Spare Part Mobil

Jika Anda adalah pelaku bisnis jual spare part mobil, Anda pasti menyadari pentingnya promosi dan pemasaran untuk mencapai kesuksesan. Apalagi kini sudah banyak pesaing-pesaing baik yang baru bergabung dalam bisnis ini maupun yang telah lama berkecimpung di dalamnya. Menjual barang yang sama, dengan harga yang tidak terlalu berbeda membuat para pemilik usaha harus ekstra jeli untuk melihat peluang sebagai celah mendapat keuntungan lebih dari yang lain. Berikut ini ada beberapa tips dalam menjalankan usaha spare part mobil agar usaha Anda mencapai kesuksesan.


Salah satu kegiatan yang berperan penting dalam menciptakan penjualan adalah kegiatan pemasaran. Pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis sekaligus. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Faktor makro
Yaitu faktor yang meliputi aspek ekonomi masyarakat, politik / hukum, sosial / budaya dan teknologi / fisik.

  • Faktor mikro
Yaitu faktor yang meliputi perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat sebagai konsumen.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam segi pemasaran:

Dari segi penjual:

  1. Lokasi toko yang strategis.
  2. Produk spare part asli atau yang bermutu.
  3. Harga yang terjangkau dan kompetitif.
  4. Promosi yang kontinyu.

Dari segi pembeli / konsumen:

  1. Kebutuhan konsumen.
  2. Biaya.
  3. Kenyamanan.
  4. Komunikasi dalam pelayanan.

Dalam segi promosi, saat ini sudah banyak toko yang jual spare part mobil menggunakan sarana website dalam mempromosikan toko dan produk yang mereka jual. Website juga bukan hanya sebagai sarana penjualan namun juga dapat menjadi sarana promosi toko yang sudah Anda miliki. Dalam website tercantum nama, alamat, dan info kontak toko Anda sehingga customer dapat mencari barang dengan datang langsung kepada Anda. Dalam hal sebagai sarana penjualan, website dapat menjadi ajang toko online, customer Anda bukan hanya dari lingkungan sekitar toko saja, namun dapat mencapai seluruh pelosok negeri bahkan dunia. Sebagai antisipasi, sebaiknya Anda survey berbagai ekspedisi pengiriman untuk mengetahui ongkos kirim barang dan jangan lupa mencantumkan berat barang di website karena biaya kirim biasanya berdasarkan berat dan jarak tempuh.

Pilihlah nama website yang menggambarkan produk yang Anda jual dan identitas toko Anda namun nama website sebaiknya singkat dan sangat mudah diingat sehingga customer hanya perlu menulis alamat web Anda tanpa perlu mencari lagi di search engine. Berikut ini beberapa tips promosi baik online maupun offline yang dapat Anda terapkan di toko Anda:

  1. Memasang iklan baris koran, yellow pages, situs jual beli spare part maupun barang bekas.
  2. Membuat data konsumen secara lengkap beserta tipe mobil mereka, mengirimkan promosi yang terkait melalui SMS secara berkala.
  3. Berpromosi lewat e-mail.
  4. Mencetak souvenir seperti kalender, memo, agenda dan lainnya sebagai tanda terima kasih dan reminder kepada customer.
  5. Membuat stiker sehingga dapat dibagikan atau ditempel di kendaraan customer.
  6. Menyebarkan brosur yang diselipkan di wiper mobil.
  7. Membuat daftar produk lengkap dengan gambar dan harga.

Itulah beberapa tips pemasaran dan promosi untuk bisnis jual spare part mobil yang diharapkan bisa menjadi solusi untuk memenangkan persaingan saat ini. Jika Anda sudah memiliki toko offline namun belum memiliki website sebagai toko onlinenya, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan pembuatan website sesuai keinginan customer. Selamat mencoba.

No comments:
Write comments