Monday, 14 May 2018

Menyetir Mobil Memang Membutuhkan Fokus, Hindari untuk Melakukan Hal Ini!

Sekarang ini, masyarakat Indonesia memiliki anggapan bahwa kendaraan pribadi yang paling nyaman untuk mereka gunakan dan juga dapat membawa lebih banyak orang adalah mobil. Sekarang ini memang sudah tersedia begitu banyak tipe dan jenis mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, selera dan juga kemampuan Anda secara finansial. Memilih mobil yang sesuai dengan diri Anda pun menjadi salah satu poin terpenting yang membuat Anda merasa lebih nyaman serta menyetir pun semakin terasa aman. 
 
 
Bukan hanya pilihan mobil saja yang mempengaruhi keamanan berkendara, namun sang pengendaranya pun juga harus hati-hati dan tetap fokus ketika sedang menyetirnya. Banyak sekali kasus kecelakaan mobil yang diakibatkan oleh kelalaian sang pengendara yang mengaku tidak fokus menyetir karena berbagai hal. Berikut inilah beberapa hal yang sangat tidak dianjurkan untuk diterapkan ketika sedang menyetir mobil:

  • Mengantuk

Berpergian menggunakan mobil memang sangat terasa nyaman karena Anda hanya duduk dan menginjak rem, gas atau mengatur tuasnya saja. Namun, ternyata kenyamanan yang Anda rasakan pun dapat berujung dengan rasa kantuk. Hal ini memang menjadi salah satu penyebab terbesar mengapa sering terjadi kecelakaan mobil. Selain berbahaya untuk diri Anda, nyatanya Anda juga dapat menghilangkan nyawa orang lain jika tidak menyetir dengan fokus. Oleh karena itu, jika mengantuk, lebih baik Anda menepi dan mengonsumsi permen karet atau meminum kopi.

  • Kelebihan Penumpang

Kelebihan dari mobil yang sekarang ini sudah memiliki banyak jenisnya adalah mampu menampung banyak orang di dalamnya. Namun karena kegunaannya tersebut, banyak yang menyalahgunakan kendaraan tersebut dan memasukkan banyak orang di dalamnya yang lebih dari kapasitas normalnya. Selain akan merusak mesin dan juga performa mobil, hal ini juga dapat membuat Anda kurang fokus ketika menyetir karena pastinya Anda akan diajak untuk berbicara mau pun melakukan hal lain sehingga mengabaikan jalanan yang ada di depan mata.

  • Multitasking

Menjadi orang yang mampu bekerja multitasking atau melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu ini memang baik, namun tidak dianjurkan ketika Anda sedang menyetir mobil. Sering kali para pengguna mobil menyetir sambil makan, minum, membaca buku, mencari lagu di radio, dan lain sebagainya. Tentu saja kegiatan ini tidak baik dan dapat membuat fokus Anda menjadi buyar. Jika tidak fokus, maka bisa saja ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda dan juga orang-orang yang ada di dalamnya.

  • Main Ponsel

Untuk yang satu ini memang sekarang ini menjadi penyebab terjadinya kecelakaan mobil nomor satu di Indonesia. Masyarakat Indonesia memang sekarang ini sudah kecanduan dengan gadget, mereka pastinya akan merasa tertarik jika melihat ada notifikasi yang muncul di ponsel genggam mereka atau pun menerima telepon saat menyetir. Hal inilah yang dapat menyebabkan kecelakaan karena hilangnya fokus ketika menyetir.

No comments:
Write comments