Wednesday, 4 April 2018

Tips Jual Spare Part Mobil yang Menguntungkan

Setiap tahun, jumlah pembelian mobil di Indonesia semakin meningkat tajam. Hal ini lantaran kebutuhan akan kendaraan pribadi semakin tinggi di kalangan masyarakat. Tak hanya kalangan atas saja, namun kini mobil juga mampu menjangkau kalangan menengah ke bawah dengan adanya berbagai macam cara pembayaran yang memudahkan setiap pembelinya. Dengan adanya mobil, tentu saja setiap pemilik harus siap untuk mendanai servis setiap periodenya. Hal ini menjadi peluang yang bisa Anda raup dengan jual spare part mobil.


Setiap jenis kendaraan memerlukan perawatan secara berkala, tak terkecuali mobil. Perawatan tersebut diantaranya pergantian spare part seperti oli, kampas rem, busi, dan masih banyak lagi. Apalagi mengingat setiap bagian kendaraan memiliki masa pakai yang terbatas sehingga wajib diganti, tentu saja spare part merupakan kebutuhan pokok bagi setiap pemilik kendaraan. Apalagi banyak sekali pengendara di luar sana yang menginginkan kendaraannya terlihat lebih cantik dengan berbagai macam aksesoris. Jadi, bisnis penjualan spare part serta aksesoris bisa sangat menguntungkan dengan cara yang tepat tentunya.

Usaha jual spare part mobil merupakan bisnis menengah ke atas karena modalnya yang cukup besar. Meskipun barangnya berbentuk kecil dan terlihat sepele, namun tiap barang berharga cukup tinggi. Itulah mengapa apabila Anda berencana membuat usaha ini, modal yang cukup menjadi wajib dimiliki karena ketersediaan stok barang adalah hal utama. Selain itu pemilihan lokasi strategis juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah tempat yang cukup luas karena bisnis Anda terkait dengan mobil, maka ukuran tempat minimal bisa menampung 2 atau 3 mobil. Hal ini tentunya juga berimbas pada biaya kontrak tempat yang juga cukup tinggi.

Karena banyaknya merk mobil yang beredar seringkali membuat masing-masing spare part berbeda, maka pelaku usaha ini umumnya hanya fokus pada beberapa merk kendaraan saja. Pemilihan untuk kategori merk dan kendaraan bisa disesuaikan dengan pengalaman pelaku bisnis yang mungkin pernah memiliki merk mobil favorit atau mungkin pernah bekerja di perusahaan spare part merk tertentu.

Dengan modal pengalaman tersebut, usaha spare part yang akan Anda jalankan bisa lebih meyakinkan karena mengetahui seluk beluk mobil merk terkait. Namun apabila Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali, maka temukan karyawan atau partner bisnis yang mengetahui dan berpengalaman dengan dunia otomotif terutama mobil. Apabila Anda telah berhasil menemukan jenis mobil dan merk yang akan dijual, maka tantangan selanjutnya adalah dengan menemukan supplier untuk menyediakan barang dagangan ke toko Anda. Pandai-pandailah mencari supplier dan usahakan negosiasi demi menentukan harga terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Jika semua hal tersebut mampu Anda penuhi, maka Anda telah siap membuka bisnis spare part. Kini yang perlu Anda lakukan adalah berpromosi sebesar-besarnya agar usaha Anda populer di kalangan para pengendara. Apabila mendapatkan lokasi di pinggir jalan, promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah yaitu dengan memberikan nama toko dengan nama yang unik dan mewarnai toko Anda dengan warna-warna cerah yang akan menarik perhatian.

Anda juga bisa mengembangkan usaha jual spare part mobil sekaligus menjual aksesoris dan juga melakukan pemasangan. Berikan promo gratis pemasangan di awal pembukaan toko atau diskon menarik sehingga banyak yang tertarik untuk mendatangi toko Anda. Anda juga bisa melakukan promosi lewat sosial media dengan membuat akun khusus untuk toko Anda sehingga Anda bisa lebih dekat dengan para konsumen.

No comments:
Write comments