Monday, 9 April 2018

Perbandingan Xiaomi Redmi Note 3 Dengan Asus Zenfone 3 Yang Menjadi Pertimbangan

Hingga saat ini Asus telah sukses meluncurkan dua generasi smartphone Zenfone yang dapat menggebrak pasaran, namun meski begitu ternyata ada pesaing kuat di pasaran yaitu Redmi Note 3 yang memiliki spesifikasi yang hampir sama. Setelah Zenfone generasi pendahulunya, menggebrak pasaran, Asus kembali mengeluarkan seri terbarunya yang dapat bersaing yaitu Zenfone 3. Mulai dari segi desain hingga spesifikasi hardware yang diusungnya. Dengan munculnya seri terbaru ini, menjadikan Asus serius untuk bersaing di pasaran.

Perbandingan Xiaomi Redmi Note 3 Dengan Asus Zenfone 3 Yang Menjadi Pertimbangan


Xiaomi yang dikenal dengan produk smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi namun dihargai dengan harga murah juga semakin memperkuat posisinya di pasar smartphone. Salah satu produk andalannya adalah Xiaomi Redmi Note 3, smartphone yang ditunjukkan untuk pasar kelas menengah ke bawah ini memiliki spesifikasi yang sangat mempunyai namun tentunya dihargai dengan harga yang sangat menggiurkan.
Kedua perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang hampir mirip satu sama lain.

Meski dari segi desain Asus Zenfone 3 memiliki ketebalan yang lebih tipis, namun untuk masalah daya baterai biasanya menjadi pertimbangan Redmi Note 3 dibekali dengan 4000 mAh sementara Asus Zenfone 3 hanya 3000 mAh.
Untuk bagian layar memiliki resolusi yang sama yaitu 5.5 inch. Namun panel layar yang digunakan sedikit berbeda, jika Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan panel layar IPS LCD Capacitive, berbeda dengan Asus Zenfone 3 yang mengusung panel layar Super IPS plus yang dianggap jauh lebih unggul. Untuk keamanan kaca, disematkan Gorilla Glass 3, yang dapat menahan bantingan serta goresan. Namun berbeda dari Redmi Note 3 yang belum mendapatkan perlindungan Gorilla Glass, memang sungguh disayangkan.
Terdapat banyak perbedaan yang mencolok pada segi peforma. Prosesor yang digunakan pada Asus Zenfone 3 adalah Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core dengan clock 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506 sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan Chipset Mediatek  MT6795 Helio X10, CPU Octa-core 2.0 GHz dan GPU PowerVR G6200.
Pada bagian memori keduanya memiliki dua varian yang berbeda. Asus Zenfone 3 dibekali dengan dua varian yaitu RAM 3 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 memiliki varian RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB dan RAM 3 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB.

Memori pada Asus Zenfone 3 dan Xiaomi Redmi Note 3 dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB, memudahkan pengguna untuk menambahkan memori jika merasa masih kurang dengan memori bawaannya. Untuk masalah OS Zenfone 3 sudah bisa di upgrade ke Nougat sedangkan untuk Redmi Note 3 masih belum mendapatkannya.
Harga biasanya menjadi pertimbangan yang paling penting dari semuanya. Harga memang menentukan penjualan produk. Asus Zenfone 3 dengan Redmi Note 3 meski memiliki spesifikasi yang hampir serupa namun untuk masalah harga ternyata berbeda jauh.
Asus Zenfone 3 masih dibanderol dengan harga di atas 4 jutaan, sementara Xiaomi Redmi Note 3 hanya di banderol di bawah 2 juta saja. Meski Asus Zenfone 3 terbilang memimpin dalam hal spesifikasi, namun Redmi Note 3 tidak mau kalah tertinggal dengan menjadikannya terfavorit di pasar gadget, terbukti dalam kurun waktu 2 menit saja setiap produk Redmi Note 3 di Online Shop terjual habis dengan sale yang ditawarkan.

No comments:
Write comments