Monday, 9 April 2018

Analisa Bisnis Jual Mobil Baru dan Bekas di Akhir Tahun

Bulan Desember adalah bulan di pengunjung tahun yang banyak terdapat hari-hari libur nasional yaitu libur hari raya natal, libur sekolah dan libur tahun baru. Di bulan ini banyak masyarakat memanfaatkan moment liburan dengan bertamasya atau bepergian ke luar kota mengunjungi sanak family bersama seluruh anggota keluarga. Pada kegiatan libur bersama inilah kebutuhan akan armada transportasi yang dapat membawa seluruh anggota keluarga meningkat. Umumnya mereka mencari mobil berkapasitas besar seperti mobil keluarga dengan jumlah muatan 8 orang lebih. Karena kebutuhan yang meningkat itulah bisnis jual mobil bekas di akhir tahun cenderung mengalami peningkatan pembelian.


Selain membeli mobil bekas, masyarakat yang belum memiliki kendaraan roda empat ini sebenarnya juga dapat memanfaatkan jasa persewaan mobil. Namun tentu saja ada keterbatasan-keterbatasan yang mengikat antara penyewa dan pemilik mobil. Biaya sewa dan denda jika terlambat mengembalikan menjadi perhitungan yang memberatkan apalagi di musim liburan harga sewa mobil dapat mengalami kenaikan hingga 50% dari harga normal. Penyewa pun tidak bebas menentukan berapa lama akan pergi jika mereka kurang cepat membooking mobil tersebut.

Karena menyewa mobil cenderung menghabiskan banyak dana yang kurang efektif maka membeli mobil adalah solusi yang lebih bijak. Tentu saja hal ini juga mempunyai ketentuan yaitu harga pembelian yang mahal dan tidak dapat disamakan dengan menyewa mobil. Namun pembayaran pembelian mobil dapat melalui sistem kredit menggunakan pembiayaan pembelian kendaraan bermotor yang saat ini sudah ramai digunakan banyak orang. Dengan membeli mobil, Anda tidak akan merasa terikat untuk mengembalikan mobil tersebut. Mobil pribadi Anda dan keluarga juga siap untuk digunakan kapan saja Anda membutuhkannya.

Untuk trend penjualan mobil baru di akhir tahun, cenderung mengalami penurunan harga dan kemudahan persyaratannya. Para salesman yang jual mobil baru di akhir tahun akan berusaha menghabiskan stok produk tahun tersebut untuk menutup angka target pencapaian penjualan di tahun ini. Promosi akan banyak disebar dengan memberikan berbagai kemudahan dari sisi pembeli seperti:

  1. DP yang lebih ringan.
  2. Persyaratan dipermudah.
  3. Biaya angsuran dengan bunga flat.
  4. Bonus free berapa kali angsuran.

Sedangkan trend penjualan mobil bekas justru mengalami kenaikan harga karena banyaknya peminat yang cenderung memilih membeli mobil second dengan harga yang lebih terjangkau. Mobil yang mengalami kenaikan berjenis mobil keluarga seperti mini-van atau mini-bus berbahan solar maupun bensin. Jika ingin membeli mobil bekas maka sebaiknya membeli langsung dari tangan pemiliknya dengan mencari di situs jual beli mobil bekas terpercaya. Anda juga dapat mengajak orang yang mahir dalam bidang mesin mobil agar tidak mendapat mobil yang kurang baik kualitasnya.

Sebelum memutuskan membeli mobil baik dengan kondisi baru maupun second, sebaiknya memastikan dahulu budget keuangan yang Anda miliki. Apakah mobil akan dibayar kontan ataukah dengan mengangsur setiap bulannya. Besar uang muka juga menjadi perhatian tersendiri karena akan menentukan besar angsuran yang dibebankan kepada Anda apabila menggunakan sistem kredit

Bisnis jual mobil baik mobil baru maupun mobil bekas di akhir tahun memang mengalami kenaikan dari pada di pertengahan tahun. Jika Anda memiliki mobil yang hendak dijual sebaiknya memanfaatkan waktu seperti saat ini untuk memulai mengiklankan mobil Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memposting foto dan spesifikasi mobil di situs portal jual beli barang bekas di internet ataupun melalui iklan baris di koran harian.

No comments:
Write comments