Monday, 19 March 2018

Plus Minus Berbelanja Handphone di Toko Online

Semakin meningkatnya teknologi internet, semakin meningkat pula keinginan orang untuk berbelanja secara online. Jika sebelumnya internet hanya bisa diakses oleh orang-orang kelas atas yang lebih maju, kini internet semakin berkembang dan dapat diakses oleh siapapun dan dibelah bumi manapun. Berbagai barang mulai dari barang termahal sampai dengan barang termurah semua disajikan dengan sistem pemasaran secara online. Salah satu produk yang kini banyak dijual secara online adalah handphone. Dengan keragaman merk dan jenis dari handphone inilah yang kemudian banyak memunculkan toko online handphone.


Untuk dapat memiliki sebuah handphone seorang pembeli hanya perlu berselancar di dunia maya dan mencari produk-produk yang mereka inginkan. Dalam toko online yang banyak menyajikan handphone sebagai barang dagangan, biasanya toko tersebut akan mendisplay foto dari sebuah handphone dengan menyertakan deskripsi dan penjelasan mengenai jenis, tipe dan spesifikasi dari handphone tersebut secara detail, sehingga memudahkan para pembeli mereka dalam memilih barang. Selain keuntungan tersebut diatas, keuntungan berbelanja handphone secara online yang lainnnya antara lain adalah:
  1. Pembeli dapat berbelanja dari rumah tanpa harus mendatangi mall ataupun counter-counter handphone lainnya, yang hal tersebut berarti akan memakan waktu yang lama.
  2. Ketika Kita membeli handphone secara online, hal ini berarti bahwa Kita dapat menghemat tenaga yang harus Kita keluarkan.
  3. Sangat mudah untuk dilakukan karena Kita hanya perlu mengunjungi situs tertentu, memilih barang dan membayar barang disatu tempat yang sama.
  4. Anda dapat membeli handphone kapanpun dan dimanapun, karena toko online ini akan melayani Anda selama 24 jam penuh.
  5. Anda dapat melakukan perbandingan harga tanpa harus berjalan dan berpindah dari satu toko ke toko yang lainnya.
  6. Banyaknya diskon yang ditawarkan dari satu toko dengan toko yang lain akan membantu Kita menghemat biaya belanja.
Namun demikian berbelanja handphone di toko online handphone pun juga memiliki beberapa kelemahan, sehingga mengharuskan Kita untuk tetap berhati-hati dalam memilih toko online yang tepat. Adapun kelemahan tersebut, antara lain adalah:
  1. Terdapat selang waktu yang harus Kita tunggu untuk memperoleh barang setelah Kita melakukan pembayaran.
  2. Kita tidak dapat mencoba dan melihat secara langsung handphone yang akan Kita beli.
  3. Biaya pengiriman yang terlalu tinggi dan terkadang mengharuskan Kita membayar biaya lain seperti asuransi agar barang sampai dalam kondisi yang baik.
  4. Barang rusak saat pengiriman akan menjadi resiko sendiri bagi para pembeli.
  5. Jika terjadi sebuah kesalahan dalam pengiriman, maka pembeli harus melalui proses yang lama dan panjang untuk menerima barang pengganti yang sesuai.
Itulah berbagai kelebihan dan kelemahan dalam berbelanja handphone secara online. Sebelum memutuskan membeli sebuah handphone secara online ada baiknya, Anda melakukan perbandingan harga dengan membeli handphone secara langsung. Jika biaya pengiriman ditambah dengan harga handphone tergolong tinggi jika dibandingkan dengan membeli handphone secara langsung, maka ada baiknya Anda membelinya secara langsung, agar budget yang Anda keluarkan tidak terlalu membengkak.

Jika Anda memutuskan untuk membeli handphone pada toko online handphone, pastikan Anda memilih toko online yang benar-benar solid dan memiliki kredibilitas yang tinggi dari para pembelinya. Pastikan pula bahwa toko tersebut memiliki sistem pengiriman yang aman dan jaminan barang sampai hingga konsumen dengan keadaan yang utuh dan baik. Mintalah referensi dari beberapa kerabat yang telah terlebih dahulu melakukan pembelian handphone secara online, agar nantinya Anda tidak terjebak dalam toko online yang tidak bertanggung jawab.

No comments:
Write comments