Tuesday, 13 February 2018

Perlengkapan Medis yang Wajib Dibawa untuk Futsal

Dalam kegiatan olahraga, Anda jelas tak akan bisa lepas dari yang namanya cedera. Meskipun Anda sudah melakukan pemanasan, menggunakan alat pelindung, ataupun melakukan segala tindakan pencegahan lainnya, tetap saja ada kemungkinan cedera yang terjadi. Apalagi jika olahraga tersebut berkaitan dengan olahraga seperti sepakbola dan futsal, di mana kemungkinan cedera kaki parah selalu besar. Bagi yang hobi futsal, jangan lupa sediakan selalu kotak berisi perlengkapan medis untuk futsal.


Ada macam-macam penyebab cedera saat bermain futsal. Biasanya ini juga berlaku untuk olahraga lainnya, lantaran penyebab dari cedera tersebut memang mirip-mirip. Berikut ini adalah beberapa yang paling sering menjadi penyebab:

  1. Tidak melakukan pemanasan secara tepat atau masih kurang pemanasan. Akibatnya, otot Anda bisa cedera maupun mengalami shock.
  2. Melakukan teknik permainan yang salah atau gaya permainan yang keliru. Hal ini biasanya memberikan efek yang cukup parah.
  3. Bahkan proses pendinginan dari selesai bermain sampai membuat otot relaks kembali juga memberikan efek samping sendiri. Kalau Anda tak melakukannya dengan benar, maka Anda bisa cedera serius.

Jenis-jenis cedera apa yang bisa Anda dapatkan ketika bermain futsal? Ini beberapa di antaranya:

  1. Keseleo yang biasanya terjadi di kaki karena urat yang tertarik sehingga kaki tak bisa digunakan dengan benar.
  2. Patah tulang, yang bisa saja terjadi ketika Anda melompat, tertendang orang lain, jatuh, dan lain-lain. Ini adalah cedera serius yang harus segera diobati.
  3. Ligamen robek, atau sering juga disebut dengan Anterior Cruciate Ligament. Cedera lutut yang bisa berlangsung sangat lama.
  4. Tendonitis, di mana otot tendon yang ada di pergelangan kaki bagian belakang terasa sakit. Kalau tak ditangani segera, tendon bisa pecah.
  5. Hamstring, di mana otot-otot bisa tertarik atau bahkan putus karena kurangnya pemanasan. Ini bisa serius dan Anda harus dioperasi.
  6. Meniscus, adalah luka yang berada di antara bantalan sendi bagian lutut. Biasanya karena kaki terpuntir.

Seperti Anda lihat, melihat betapa umumnya penyebab cedera tersebut, ditambah dengan gampangnya seseorang terkena cedera jika dia teledor sedikit saja, maka sangat masuk akal jika perlengkapan medis untuk futsal yang tersedia di dalam kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) haruslah lengkap. Jangan sampai ketika Anda memerlukannya, Anda justru tidak bisa menemukannya. Entah karena sudah habis atau memang tak lengkap.

Makanya, saat Anda berada di lapangan untuk bermain futsal, pastikan bahwa di lapangan futsal tersebut ada perlengkapan medis berikut ini:

  1. Alat pembersih antiseptik/antibakteri seperti alkohol untuk membersihkan luka agar tak infeksi.
  2. Alat pelindung seperti masker dan sarung tangan.
  3. Kain kasa dan perban untuk membalut luka agar tak terkena udara.
  4. Obat untuk meredakan rasa sakit, contohnya aspirin, sehingga korban cedera tak terlalu merasa sakit.
  5. Iodin, agar bisa membantu luka untuk tetap bersih.
  6. Pinset dan kapas, kalau Anda memerlukan obat cair.
  7. Obat nyeri otot dan sendi seperti methyl salisylate atau obat gosok, untuk menggosok bagian yang cedera.
  8. Bidai atau spalk dan tali pengikat untuk berjaga-jaga jika ada yang patah tulang.

Itulah beberapa perlengkapan medis untuk futsal yang harus ada di kotak P3K. Anda sebaiknya memastikan semua yang Anda perlukan ada di kotak tersebut. Jadi ketika Anda terkena cedera misalnya, Anda bisa segera dibantu duluan dan tak mengalami sakit yang terlalu parah. Bantuan pertama yang tepat juga akan membantu cedera menjadi lebih cepat pulih.

No comments:
Write comments