Sunday, 4 February 2018

Mengenal Beragam Nama dan Fungsi Peralatan Medis Rumah Sakit

Peralatan medis merupakan kelengkapan yang harus ada di suatu rumah sakit, dengan adanya peralatan medis tersebut tentu juga menjadi penunjang bagi pasien rumah sakit tersebut. Biasanya yang lebih paham mengenai fungsi dari alat-alat medis yang ada di rumah sakit adalah dokter maupun perawat yang memang memiliki tugas yang berkaitan dengan kesehatan. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa fungsi dari alat medis kesehatan, setidaknya dengan mengenal peralatan medis rumah sakit Anda tidak akan merasa kewalahan saat perawat sedang tidak hadir dan kebetulan Anda sedang menjaga kerabat atau teman Anda yang sedang sakit. Berikut uraian beberapa peralatan medis yang ada di rumah sakit beserta dengan fungsinya
.

  • Tempat tidur dan foot stool,
Untuk alat yang satu ini pastinya Anda sudah tidak asing lagi, karena selalu ada di ruang pasien. Tempat tidur untuk di ruang pasien ini biasanya dilengkapi dengan foot stool. Inilah yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang, terkadang orang-orang merasa bingung jika hendak naik maupun menaikkan pasien ke tempat tidur padahal sudah ada foot stool yang berfungsi untuk pasien beranjak naik pada tempat tidurnya.

  • Bedside loker,
Peralatan yang satu ini juga terkadang sering dilupakan kegunaan dan fungsinya bagi orang yang awam dengan suasana rumah sakit. Biasanya orang akan merasa kebingungan untuk menaruh makanan bagi pasien, tanpa tahu sebenarnya ada bedside loker yang memiliki fungsi untuk menaruh baik makanan maupun minuman. Dengan demikian si pasien bisa mengambil makanan atau minuman hanya sambil duduk.

  • Inkubator bakteriologi,
Peralatan medis rumah sakit ini biasanya ada di ruang laborat. Fungsi dari incubator bakteriologi adalah untuk mengembangkan sampel bakteri dengan pengaturan suhu tertentu. Dengan demikian tidak ada salahnya jika Anda bertanya pada dokter mengenai tingkat suhu yang baik bagi pasien yang kebetulan Anda sedang berjaga sebagai kerabat maupun teman si pasien.

  • Bedpan,
Nama lain dari pispot ini biasanya digunakan untuk menampung cairan khusus bagi pasien. Alat ini sangat berfungsi bagi pasien yang susah untuk bangun dari tempat tidurnya dikarenakan penyakitnya. Maka dengan pispot Anda dapat meletakkan cairan misalnya berupa kemih maupun tinja. Alat ini biasanya terbuat dari logam, kaca, maupun plastik.

  • Infusion pump,
Alat ini berfungsi sebagai pengatur jumlah cairan pada infus yang sengaja dimasukkan ke dalam tubuh pasien pada sirkulasi aliran darah langsung melalui vena. Biasanya dokter maupun perawat menentukan seberapa cepat laju infus yang tepat untuk pasien, atau Anda juga dapat mengaturnya sendiri sesuai dengan kebutuhan di pasien. Namun berhati-hatilah jangan sampai alat yang satu ini justru menjadi mainan apabila kebetulan Anda membawa anak kecil saat menjenguk atau berjaga di rumah sakit.

Beberapa peralatan medis rumah sakit tersebut hanya sebagian dari sekian banyak peralatan medis yang ada, tentunya Anda dapat mengetahuinya lebih jauh dengan berselancar di internet maupun bisa juga Anda bertanya pada dokter jika kebetulan Anda berada di rumah sakit dan merasa perlu menanyakannya jika hal itu untuk kepentingan pasien. Karena tidak ada salahnya Anda mencari tahu dikhawatirkan Anda akan sembarangan dalam memperlakukan alat medis yang sebenarnya sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam memperlakukannya atau menggunakannya karena ada beberapa alat yang memang dianjurkan untuk pemakaian yang sesuai dengan standar ilmu kedokteran.

No comments:
Write comments