Thursday, 8 February 2018

Keunggulan Menggunakan Tongsis Kabel

Di jaman yang semakin lama semakin canggih ini, banyak alat elektronik yang dibuat dengan maksud untuk mempermudah pekerjaan manusia, mulai dari alat untuk mencuci hingga alat untuk memotret. Salah satu alat tersebut adalah monopod. Alat yang berbentuk seperti tongkat dengan clamp atau holder untuk ‘menggenggam’ smartphone tersebut disebut juga dengan tongsis yang merupakan kepanjangan dari tongkat eksis. Di pasaran terdapat beberapa jenis tongsis dan salah satunya adalah tongsis kabel.


Monopod kabel tersebut memiliki kabel yang merupakan penghubung dari smartphone dengan shutter yang tersebut memiliki berbagai macam fungsi. Fungsi utama dari monopod ini adalah untuk membantu Anda dalam mengambil gambar baik dengan menggunakan kamera pintar ataupun menggunakan kamera digital atau jenis DSLR dan kamera action. Masing-masing tongsis memiliki keunggulannya tersendiri yang tersedia dalam fitur yang ada di tongkat tersebut.

Monopod kabel memiliki keunggulan dibandingkan dengan menggunakan jenis monopod manual. Keunggulan pertama adalah mempermudah Anda untuk mengambil gambar lewat kamera smartphone saat sedang ingin berselfie atau we-fie. Jika biasanya Anda hanya menggunakan tangan ketika menggunakan kamera untuk berfoto, maka Anda dapat menggunakan tongsis yang dilengkapi dengan kabel tersebut untuk mempermudah Anda dalam mengambil gambar.

Untuk menggunakan tongsis kabel, terdapat langkah yang dapat Anda lakukan yaitu:

  1. Pasang smartphone Anda pada holder dari monopod tersebut.
  2. Tancapkan kabel yang ada di holder ke sambungan jack yang ada di ponsel pintar Anda.
  3. Buka aplikasi kamera yang ada di ponsel Anda dan cobalah untuk menekan tombol shutter yang ada di handle atau pegangan.
  4. Jika belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah buka setting atau pengaturan kamera lalu volume button dan pilih penangkap gambar atau capture dan jangan lupa disimpan.
  5. Jika aplikasi kamera biasa tidak dapat digunakan, cobalah dengan menggunakan aplikasi kamera yang lainnya dengan pengaturan yang sama seperti aplikasi kamera biasa.

Keunggulan yang kedua adalah daya cakupan atau daya tangkap kamera menjadi lebih lebar. Jika biasanya Anda menggunakan tangan Anda atau teman Anda untuk mengambil gambar maka daya cakupan atau pandangnya sangat terbatas sehingga Anda harus pandai-pandai untuk mengatur angel yang tepat agar semua objek yang Anda inginkan untuk ikut terfoto tetap dapat tertangkap gambarnya. Sedangkan jika Anda menggunakan monopod, Anda dapat memperluas cakupan pandang. Hal ini disebabkan monopod memiliki panjang hingga 100-120 cm sehingga sama saja Anda memiliki tangan tambahan yang dapat membuat Anda dapat menangkap gambar lebih luas.

Ketiga adalah Anda dapat mengambil gambar atau objek yang posisinya lebih tinggi dari Anda. Dengan menggunakan tongsis, Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengambil gambar dan tinggi atau panjang dari tongsis dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Keempat adalah Anda tidak perlu capek-capek untuk naik-turunkan monopod karena terdapat shutter atau pemicu untuk mengambil gambar. Jadi, kapanpun Anda merasa waktunya tepat untuk mengambil gambar, Anda tidak perlu mengatur timer karena Anda dapat langsung menekan shutter-nya.

Kelima adalah dapat digunakan untuk camera action ataupun DSLR. Beberapa jenis tongsis kabel memiliki holder yang dapat dilepas sehingga dapat dipasang ke camera action ataupun kamera DSLR. Akan tetapi, jika Anda memasangkan kamera DSLR, pastikan Anda mengetahui berapa beban maksimal yang dapat ditanggung oleh monopod tersebut sehingga ketika digunakan, tongsis tidak patah dan merusak kamera Anda. 

No comments:
Write comments