Tuesday, 9 January 2018

Ini Dia 6 Peralatan Medis Rumah Sakit yang Bisa Menggantikan Fungsi Organ Dalam Manusia

Ketika membicarakan peralatan medis rumah sakit, yang terbayang di benak masyarakat umum biasanya adalah peralatan seperti stetoskop yang sering dibawa-bawa oleh setiap dokter, jarum suntik, dan infus yang dimaksudkan untuk memasukkan obat maupun nutrisi ke dalam tubuh pasien yang tak bisa melakukannya lewat mulut. Tapi apakah peralatan medis tersebut hanya itu saja?


Tentu saja tidak! Rumah sakit wajib memiliki lebih dari sekedar peralatan medis tersebut. Semua peralatan yang dimiliki mempunyai kegunaannya sendiri-sendiri, beserta petugas-petugas terampil yang bisa mengoperasikannya. Coba saja Anda lihat di dalam rumah sakit, pasti ada banyak ruangan-ruangan khusus yang memiliki fungsi masing-masing, dan menjadi lokasi peralatan spesialisasi itu berada.

Beberapa jenis peralatan medis rumah sakit yang harus ada di dalam rumah sakit adalah:
  • Peralatan diagnostik, untuk mendiagnosa gangguan kesehatan yang dialami pasien. Ini bisa mencakup sinar X, CT Scanner, dan ultrasound.
  • Peralatan untuk perawatan pasien seperti mesin operasi LASIK.
  • Peralatan bantuan hidup yang mengambil alih fungsi organ pasien. Contohnya alat dialysis.
  • Peralatan pengukuran yang ditujukan untuk mengukur kondisi medis pasien, contohnya alat pengukur tekanan darah.
  • Peralatan laboratorium yang digunakan untuk menganalisa darah, gen, urine, dan lain-lain.
  • Peralatan terapi yang dimaksudkan untuk membantu pasien meraih fungsi badannya seperti semula.
Di antara sekian banyak peralatan tersebut, Anda mungkin hanya kenal beberapa saja. Semua peralatan tersebut sama pentingnya, dan merupakan peralatan vital yang wajib ada di rumah sakit. Tapi kali ini, yang akan dibahas adalah tentang peralatan untuk life support atau bantuan hidup. Tanpa adanya peralatan ini, maka pasien yang dirawat inap di rumah sakit, pasien yang mengalami kondisi darurat, dan pasien dengan kondisi organ yang sudah tak bisa bekerja normal lagi tak akan bisa menjalani hidup yang sehari-hari.

Apa saja peralatan untuk life support yang biasanya ada di rumah sakit? Ini dia beberapa di antaranya:

  • Heart-lung machine
Nama resminya adalah Cardiopulmonary Bypass (CPB). Peralatan ini merupakan peralatan yang akan mengambil alih fungsi organ jantung dan paru-paru ketika pasien dioperasi. Dengan adanya CPB, aliran darah pasien dan oksigen masih bisa di regulasi dengan baik.

  • Mesin dialysis
Mesin yang mengganti kerja ginjal bagi para penderita gagal ginjal. Mesin ini akan membersihkan kotoran dan sisa air yang tak terpakai lagi di darah pasien sehingga tak meracuni tubuh.

  • Feeding tube
Peralatan medis yang dipakai untuk memasukkan nutrisi ke tubuh pasien ketika pasien tak bisa menelan atau saat pasien butuh nutrisi tambahan.

  • Defibrillation
Peralatan yang digunakan untuk memberikan aliran listrik ke jantung di saat pasien mengalami serangan jantung yang fatal.

  • Urinary catheterization 
Alat yang dimasukkan ke kantung kemih pasien lewat uretra, sehingga pasien bisa buang air kecil tanpa harus ke kamar mandi. Ini juga berguna untuk mengumpulkan urine demi diagnosis.

  • Medical ventilator
Alat untuk memindahkan udara dari dalam ke luar paru-paru dan sebaliknya. Alat ini dipakai untuk pasien yang tak bisa bernapas dengan baik.

Itulah beberapa jenis peralatan medis rumah sakit yang memiliki fungsi spesifik untuk menggantikan organ tubuh yang gagal menjalankan fungsinya, baik secara permanen maupun sementara. Setiap rumah sakit memiliki peralatan ini, dan beberapa bahkan termasuk alat berat yang mahal. Jadi ketika Anda harus membayar biaya rumah sakit yang besar, salah satu fungsinya adalah untuk perawatan peralatan yang menyelamatkan nyawa ini.

No comments:
Write comments