Monday, 20 November 2017

Manfaat dari Adanya Micro SD Pada Smartphone Anda

Smartphone kini bukan hanya sebagai sarana komunikasi saja namun juga sudah digunakan untuk berbagai keperluan manusia. Seringkali smartphone digunakan untuk ruang penyimpanan akan kenangan atau pesan komunikasi dari berbagai kegiatan yang dilakukan menggunakan smartphone. Misalnya saja Anda mengambil gambar untuk dokumentasi berbagai kegiatan menggunakan smartphone dan menyimpannya untuk jangka waktu tertentu. Atau juga Anda membuat note untuk mengingatkan akan sesuatu hal ataupun resep terbaru. Semua tersimpan dalam sebuah smartphone sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya kembali. Meski begitu menyimpan banyak file pada memory internal smartphone juga bisa membuat smartphone menjadi lambat bekerja. Karenanya diperlukan sebuah memory eksternal untuk media penyimpanan seperti micro SD atau SD card.

SD card merupakan sebuah chip kecil yang diinstalkan ke dalam slot di smartphone. Gunanya adalah sebagai memory eksternal untuk menambah ruang penyimpanan dalam smartphone. Jika smartphone Anda memiliki memory internal yang kecil namun memiliki fitur kamera beresolusi tinggi, maka memiliki sebuah sd card yang tertanam adalah sebuah kewajiban. Dengan adanya sd card, Anda bisa menyimpan lebih banyak file sesuai dengan kapasitas SD card tersebut. Ada beberapa macam kapasitas SD card yang beredar saat ini yaitu:

16 gb.
32 gb.
64 gb.
128 gb.

Misalnya Anda memiliki sebuah smartphone dengan kapasitas memory internal sebesar 16 gb, maka memory tersebut bukanlah sepenuhnya memory yang disediakan untuk menyimpan file Anda. memory tersebut akan terlebih dahulu digunakan untuk file aplikasi sistem yang dipakai oleh smartphone Anda. Belum lagi untuk menyimpan aplikasi lain seperti aplikasi chat dan foto yang dibagikan dalam chat tersebut. Jika memory internal yang dituliskan dalam kemasan smartphone adalah 16 gb, maka paling tidak memory yang tersisa hanyalah 9 giga byte untuk menyimpan semua file yang nanti Anda hasilkan.

Jika Anda tidak menggunakan memory eksternal maka penggunaan memory internal untuk menyimpan hasil foto dan video akan cepat sekali habis. Bahkan jika Anda menyimpan banyak file hingga memory internal tak tersisa, smartphone akan bekerja lebih lambat karena banyaknya file yang harus diakses. Untuk itulah menginstalkan sebuah micro SD sangat membantu dalam menunjang kinerja smartphone. Berikut ini adalah manfaat spesifik dari penggunaan sd card sebagai memori internal dalam sebuah handphone:

Mengurangi penyimpanan di memory internal sehingga tidak menyebabkan smartphone menjadi lambat.
Memudahkan perpindahan file karena bisa dilepas dan diinstalkan untuk pengkopian ke komputer.
Membantu mencegah virus masuk ke dalam smartphone.
Memberikan memory yang lebih besar sehingga pemilik smartphone bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti merekam video dengan durasi yang lebih panjang.
Dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi game besar namun kinerja smartphone tetap cepat.
Mempercepat pencarian file.



Harga micro SD dipasaran sangat bervariasi tergantung dari kapasitas dan merk produsennya. Dari angka Rp. 60 ribu hingga ratusan ribu rupiah tersedia sesuai dengan budget yang Anda miliki. Anda bisa membelinya di counter handphone terdekat maupun di situs jual beli online terpercaya untuk mencegah mendapatkan produk palsu yang tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Hapuslah berbagai file yang tidak diperlukan secara berjangka untuk menyediakan space bagi kebutuhan file baru Anda. bersihkan cache pada setiap program sehingga smartphone tidak terlalu berat dalam mengakses program. Gunakan sd card yang didukung kapasitasnya oleh jenis smartphone yang Anda gunakan.

No comments:
Write comments