Thursday, 9 November 2017

Ini Dia Macam-macam Alat-alat Tulis yang Dipakai di Zaman Modern

Ketika melakukan kegiatan sehari-hari, Anda pasti pernah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Menulis surat, mengisi formulir, ataupun membuat laporan penelitian, semua itu bisa dilakukan dengan catatan bahwa Anda memang memiliki alat-alat tulis yang diperlukan. Meski sekarang ini tablet, ponsel, dan komputer makin canggih, ternyata banyak juga peralatan dan orang yang memasangnya.

Pengertian dari alat tulis sendiri adalah berbagai macam peralatan yang digunakan untuk menorehkan data maupun sekedar untuk melakukan kegiatan tulis-menulis. Tempat-tempat yang membutuhkan peralatan ini dalam jumlah banyak contohnya adalah kawasan perkantoran dari berbagai bidang. Selain itu, alat tulis sendiri harus selalu diperbaharui untuk setiap beberapa kali pemakaian maupun karena usianya.

Untuk alat-alat tulis yang biasanya digunakan di kantor, biasanya barang ini termasuk dalam barang konsumtif yang cepat habis dan harus sering diperbaharui. Bahkan kadang kala pemilik usaha harus mengeluarkan dana lebih besar karena banyak anak buahnya yang mengambil peralatan tulis-menulis yang disediakan kantor tanpa mempedulikan apakah orang lain akan memakainya.

Apa saja yang merupakan peralatan tulis-menulis? Ini beberapa di antaranya, sekaligus fungsinya:

Alat-alat Tulis


1. Kertas
Adalah bagian dari peralatan tulis-menulis yang sangat penting. Biasanya kertas menjadi medium untuk menggunakan peralatan yang Anda miliki. Ukurannya macam-macam, dari ukuran folio, kuarto (A4), jenis kertas buram, HVS, dan lain sebagainya.
2. Pensil
Adalah alat tulis yang terbuat dari kayu yang di tengahnya diisi dengan grafit. Peralatan yang satu ini merupakan peralatan yang dipakai untuk menulis dan menggambar.
3. Pulpen
Satu lagi perangkat yang dipakai untuk menulis di permukaan kertas. Biasanya ujung dari pulpen ini tajam atau cukup runcing, yang menentukan tebal tidaknya pulpen. Di dalamnya berisi tinta yang bisa di-refill ketika diperlukan.
4. Penghapus
Adalah karet yang digunakan untuk menghapus berbagai tulisan maupun gambar yang dibuat dengan pensil ketika terjadi kesalahan.
5. Tipe-X
Cairan berwarna putih yang senada dengan warna kertas. Cairan ini khusus digunakan untuk menghapus atau mengoreksi tinta yang ada di kertas, yang didapatkan dari pulpen.
6. Spidol
Alat tulis yang di dalamnya berisi tinta yang jauh lebih tebal dibanding pulpen biasa, dan kadang tak bisa dibersihkan. Biasanya digunakan untuk menulis maupun menggambar di kertas dan di papan tulis whiteboard.
7. Rautan
Adalah alat yang memiliki mata pisau cukup tajam, yang digunakan untuk membuat pensil menjadi runcing kembali saat sudah tumpul, sehingga siap digunakan kembali.
8. Penggaris
Adalah garis lurus dengan panjang tertentu, yang memiliki tanda dalam centimeter dan inci. Gunanya adalah membuat garis dan membantu memastikan tulisan lurus.

Alat tulis di atas adalah alat tulis yang kebanyakan masih dipakai sekarang ini. Namun tahukah Anda bahwa ada alat tulis yang dulunya cukup sering dipakai namun sudah terlupakan karena perkembangan zaman? Peralatan tersebut adalah sabak dan gerip. Ini keterangannya:

Baca Juga 4 Tips Berburu Produk Paling Murah di Hari Belanja Online Nasional 2017


Sabak adalah papan tulis tipis dari batu yang dulu dipakai oleh murid di sekolah untuk menulis dan belajar.
Gerip adalah anak dari batu tulis tersebut. bentuknya bulat panjang, dengan bagian ujung yang runcing. Ini yang dipakai untuk menulis di sabak.

Itulah berbagai alat-alat tulis yang ada, baik di zaman modern maupun di zaman yang cukup kuno. Dengan perkecualian berupa sabak dan gerip, semua peralatan tersebut harusnya ada di rumah Anda dalam suplay yang cukup banyak. Peralatan tersebut adalah peralatan standar yang akan dibutuhkan rumah tangga maupun perkantoran untuk berbagai hal kecil.

No comments:
Write comments