Thursday, 2 November 2017

Hari Belanja Online Nasional yang Perlu Diperhatikan

Saat menjelang liburan, kegiatan belanja secara online memang semakin meningkat. Apalagi saat mendekati hari belanja online nasional seperti sekarang ini. namun jangan salah, ketika banyak orang berbelanja, yang senang bukan hanya kita para pebelanja, namun mereka yang sering menipu secara online juga sangat senang karena mendapatkan banyak mangsa baru. Agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada kita, ada beberapa tips terhindar dari gangguan penjahat online.

Pertama, selalu pilih situs yang terpercaya. Tips ini harus Anda lakukan ketika kita belanja pakaian secara online. Jika Anda menemukan baju yang menarik di situs belanja kurang familiar, lebih baik Anda memeriksa nomor teleponnya, setelah itu kunjungi mesin pencari dan masukkan nama situs tersebut. Anda bisa menemukan ada atau tidaknya indikasi penipuan seperti banyak konsumen yang komplain dengan situs tersebut atau yang lainnya. Jika banyak konsumen yang melakukan komplain, lebih baik Anda meninggalkan situs dan mencari situs lain.
Kedua, baca dengan baik kebijakan data pribadi. Jangan sampai di kebijakan tersebut terdapat poin yang menyebut jika pengelola situs bisa dengan bebas memberikan data pribadi ke orang lain. Selain itu Anda harus membaca adanya garansi barang, jika ternyata barang yang Anda beli dalam kondisi cacat. Hindari situs yang tidak memberikan garansi atau tidak mau melakukan penukaran barang ketika barang yang merek kirim tidak sesuai dengan apa yang Anda beli. Agar lebih aman, sebenarnya Anda bisa berbelanja menggunakan marketplace.

Ketiga, jangan mudah tergiur ketika ditawari barang murah. jangan langsing jatuh cinta saat menemukan barang dengan harga yang murah dari email, apalagi jika meminta Anda memberikan password dan ID tanpa ijin. Trik seperti ini biasanya adalah spammer. Anda juga harus berhati-hati pada spammer yang mengirim email seperti toko asli. Lebih baik saat akan belanja selalu kunjungi situs web toko online atau marketplace yang asli, sehingga Anda akan tetap aman.

Terakhir, pertimbangkan keamanan situs web. Biasanya, ketika hari belanja online nasional, kita akan bahagia dengan penawaran yang diberikan oleh situs. Sehingga, kita tidak memperhatikan apakah situs tersebut memang benar-benar aman untuk kita gunakan bertransaksi atau tidak. tanda situs aman biasanya seperti gambar gembok di baris status. Sebelum memasukkan sejumlah informasi pribadi, Anda bisa memeriksa tanda tersebut. Saat diminta memasukkan informasi nomor kartu kredit, lihat di alamat situs. Harusnya alamat situs berubah menjadi https. Mencari barang murah ketika diskon atau ketika hari belanja datang memang tidak masalah. namun, harus diperhatikan pula jika kita benar-benar menggunakan situs atau membeli barang di situs yang aman. Jangan sampai kita membeli barang di situs yang tidak terverifikasi atau tidak terjamin keamanannya.

Hari Belanja Online Nasional

No comments:
Write comments