Monday, 27 November 2017

4 Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Toko Baju batik

Mungkin dulu batik merupakan barang yang begitu sulit dijumpai atau di temukan di pusat perbelanjaan, namun sekarang batik sudah merajalela dan mudah ditemui dimana pun. Saat ini batik memang sudah menjadi komoditas yang memiliki nilai jual sangat baik. Sejak terkenalnya batik, memang semakin banyak orang yang tertarik untuk menjualnya dan berkecimpung dalam bisnis toko baju batik.
 
 
Pertumbuhan batik ini bukan hanya dari tingkat pengecer, namun produsen dan komunitas batik semakin lama semakin mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Kemudian, tumbuhlah berbagai macam kota dengan industri batik. Dari tumbuhnya batik sebagai komoditi bisnis, tidak heran jika persaingan berjualan batik menjadi begitu sengit. Sebenarnya, keuntungan double bisa Anda dapatkan jika Anda membuka toko dan menjual batik buatan Anda sendiri di sana. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan laba penjualan namun dari bahan hingga barang jadi, Anda juga akan mendapatkan keuntungan. Namun bisnis batik ini tidak semudah seperti yang kita pikirkan. Kita harus mempersiapkan strategi besar dan khusus agar nantinya produk batik kita bisa langsung diterima oleh pasar. Ada beberapa tips yang dapat Anda jadikan sebagai amunisi. 
 
  • Pertama, buat model yang kreatif. Anda harus dapat membuat model sendiri dengan lebih kreatif. Agar dapat menciptakan hal lebih pada batik, Anda harus dapat melakukan perbedaan model antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya model kreasi berbeda, produk Anda akan lebih familiar karena mempunyai ciri khas yang mungkin tidak akan dimiliki oleh batik yang lainnya. Bila Anda dapat menciptakan perbedaan produk, nantinya akan berpeluang untuk menarik pangsa pasar yang jauh lebih besar.
  • Kedua, ciptakan brand bisnis yang populer. Agar dapat laris manis serta memenangkan persaingan bisnis toko baju batik, mau tidak mau brand memang harus Anda perkuat. Merk produk akan menjadi senjata yang ampuh agar dapat menaklukkan pasar dengan seketat apapun persaingan yang ada di sana. Agar bisa menciptakan brand yang kuat, Anda harus mencari nama yang mudah di ingat dan kuat untuk mewakili produk Anda. Sesudah mendapatkan nama brand yang kuat, Anda bisa memperkenalkan batik ke publik, sesudah brand banyak dikenal, Anda harus lebih menjaga image atau citra brand agar nantinya brand yang Anda buat selalu dipandang menjadi brand yang baik.
  • Ketiga, jangan lupa gunakan teknologi. Bisnis yang digeluti di jaman sekarang memang sebisa mungkin harus melibatkan teknologi di dalamnya. Bisnis tanpa melibatkan teknologi tidak akan efektif. Perkembangan teknologi yang sangat pesat serta berdampak pada banyaknya bidang termasuk entrepreneur untuk mengikutinya. Bentuk penguasaan teknologi yang berada di bidang bisnis batik harus Anda terapkan ke berbagai macam hal mulai dari proses produksi hingga mesin, selain itu pemasaran yang Anda lakukan juga harus menggunakan media sosial atau pun penjualan secara online.
  • Terakhir, lakukan secara terus menerus update perkembangan pasar. Agar bisa memenangkan bisnis toko baju batik, Anda harus secara terus menerus mengikuti perkembangan dan perubahan yang berada di pasar. Walaupun sekarang ini Anda sudah menggunakan teknologi seperti media sosial yang sudah sangat bermanfaat untuk kegiatan pemasaran, namun dalam beberapa tahun mendatang ada pula jenis pemasaran yang lebih efektif. Oleh sebab itu Anda tidak boleh terpaku pada pemasaran yang terjadi saat ini, Anda harus selalu melakukan update dan perkembangan pasar.

No comments:
Write comments