Monday, 19 December 2016

Sejarah Panjang di Balik Popularitas Tongsis Handphone Si Tongkat Selfie

Anak muda zaman sekarang pasti sangat akrab dengan benda populer yang satu ini. Ya, tongsis handphone. Tongsis yang merupakan singkatan dari tongkat eksis atau selfie stick, adalah sejenis tongkat (monopod) yang dirancang sebagai alat bantu berfoto secara selfie dari jarak jauh menggunakan ponsel atau kamera saku sehingga hasil foto nantinya memiliki background dramatis dan jangkauan pengambilan obyek foto sesuai keinginan.

Tongsis dilengkapi tempat khusus di salah satu ujung tongkatnya yang digunakan untuk meletakkan ponsel berkamera, kamera saku atau perangkat portable lainnya yang akan digunakan untuk alat mengambil foto. Popularitas tongsis menanjak luar biasa saat trend selfie mulai merebak sejalan dengan perkembangan ponsel pintar dengan segala fasilitas yang ditawarkannya. Tapi pasti tak banyak orang yang mengetahui, bahwa sebenarnya tongsis telah lama ada bahkan saat ponsel berteknologi cerdas belum lagi dipublikasikan di pasaran luas. 

Ternyata menurut sejarahnya, sebuah alat berprinsip kerja mirip tongsis pernah diproduksi oleh seorang penemu bernama Wayne Fromm. Alat yang dibuatnya diberi nama Quick Pod dan dipatenkan pada tahun 2006. Fromm menciptakan alat ini karena mengalami kesulitan saat akan mengabadikan gambar dirinya, dan ia pun akhirnya menyadari adanya peluang bisnis dari idenya ini. Akhirnya Fromm menciptakan Quick Pod dan memproduksinya. Sayangnya karena saat itu trend selfie dengan smartphone belum mewabah, produk buatan Fromm kurang diminati.

Justru beberapa tahun setelahnya saat smartphone mulai diproduksi besar-besaran dan kegiatan selfie mulai marak dilakukan oleh para pecinta fotografi, produk pabrikan tongsis asal China menuai sukses luar biasa di pasaran. Jauh sebelum itu, kira-kira satu dekade sebelum Quick Pod diproduksi, ternyata alat serupa tongsis pun pernah masuk dalam sebuah buku terbitan tahun 1995. Sebuah buku berjudul Unuseless Japanese Invention yang memuat berbagai inovasi dan temuan masyarakat Jepang yang dinilai tidak bermanfaat memuat profil tentang tongkat ini.

Tongsis buatan Jepang ini ditemukan dan dibuat oleh seorang insinyur bernama Hiroshi Ueda yang bekerja pada perusahaan kamera Minolta pada sekitar tahun 1983. Ide penemuannya ini bermula saat Hiroshi beserta keluarganya mengalami kesulitan ketika harus berfoto bersama saat sedang berlibur ke Eropa. Saat itu kameranya hilang dicuri oleh seorang anak yang dimintai tolong untuk membantu mengambil foto dirinya dan keluarga. Sat itulah sepulangnya dari perjalanan wisatanya itu, ia pun mulai membuat sebuah tongkat berbahan besi yang bisa diubah-ubah ukuran panjangnya dengan diberi sebuah kamera di ujungnya. Sayangnya, sama seperti Quick Pod buatan Fromm, tongsis buatan Hiroshi ini pun gagal di pasaran.

Daftar Harga Handphone Flip yang Unik dan Menarik

Ternyata, hasrat berfoto selfie menggunakan alat bantu seperti tongsis handphone ini pun sudah pernah muncul puluhan tahun yang lalu. Setelah fotografi mulai dikenal dunia, mulai bermunculan hasil jepretan yang diduga didapat melalui foto selfie menggunakan alat bantu seperti tongsis. Sebuah penampakan foto selfie menggunakan tongkat yang menyerupai konsep tongsis telah ditemukan dan diyakini sebagai hasil foto selfie dari dua orang bernama Helen Hogg dan Arnold Hogg pada tahun 1925. Di dalam foto berwarna hitam putih itu terlihat dengan jelas Arnold memegang sebuah tongkat serupa tongsis yang menjadi alat bantu untuk melepas shutter.

Kini saat era kejayaan ponsel pintar mulai terdongkrak naik, keberadaan tongsis handphone benar-benar menjadi satu hal yang penting untuk dimiliki oleh para pelaku fotografi dan para pecinta selfie. Dan ternyata, tak seperti panjang tongkatnya yang berukuran terbatas, ternyata tongsis memiliki sejarah yang lebih panjang lagi sebelum akhirnya ia diterima kehadirannya di pasaran dunia.

No comments:
Write comments