Tuesday, 22 November 2016

Mengenal Penyebab Kegagalan Bisnis Jual Beli Komputer Bekas

Bisnis komputer sekarang ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Apalagi sejak komputer menjadi peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari pekerjaan di kampus hingga pekerjaan yang ada di kantor. Karena tingginya permintaan ini tidak heran jika memunculkan suatu peluang usaha yakni jual beli komputer bekas dengan harga murah. Meskipun bisnis ini tergolong menjanjikan, tapi ternyata ada berbagai resiko kegagalan yang siap mengancam. Apa sajakah resiko kegagalan yang mungkin terjadi jika Anda membuka usaha jual dan beli komputer bekas ini?

Salah memilih lokasi

Salah memilih lokasi usaha ternyata menjadi faktor pertama penyebab usaha ini gagal. Kebanyakan pelaku usaha komputer bekas ini akan memilih tempat usaha dengan biaya sewa murah dan fasilitasnya seadanya saja. Padahal langkah seperti ini jelas salah karena akan membuat Anda semakin sulit untuk mendapatkan konsumen. Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih lokasi usaha yang benar-benar strategis. Contohnya saja berada di area kampus ataupun perkantoran. Dengan cara seperti ini tentu saja Anda semakin mudah mendapatkan konsumen yang tepat. Tak masalah jika biaya sewanya mahal asalkan memang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Tidak memiliki keterampilan

Semudah apapun usaha jual beli komputer bekas yang murah tetap saja dibutuhkan keahlian. Keahlian yang mesti dimiliki tentu saja berkaitan dengan kemahiran seputar dunia komputer. Misalnya kemampuan Anda untuk menjelaskan spesifikasi komputer bekas yang dijual, menjelaskan seputar harga, dan masih banyak lagi lainnya. Jika memang Anda tidak memiliki ketrampilan ini sebenarnya bisa dilatih. Caranya adalah seperti berikut:

-    Anda bisa mengambil kursus komputer singkat di beberapa lembaga pendidikan komputer.
-    Anda juga bisa belajar dengan cara otodidak yakni dengan membaca majalah atau mencari referensi lewat internet.
-    Usahakan Anda juga mengambil kursus troubleshooting. Sehingga Anda bisa sekaligus membuka jasa reparasi komputer.

Baca juga Mengenali 7 Jenis Memory Card yang Paling Banyak Diincar

Harga

Kebanyakan penjual komputer bekas ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Hal ini memang tidak masalah asalkan Anda bisa mengelola harga jual secara baik. Sayangnya tidak semua penjual bersikap demikian. Beberapa diantara mereka justru menjual komputer bekas dengan harga yang mahal sehingga membuat konsumen enggan untuk membeli. Supaya membuat para pelanggan tertarik disarankan untuk mencari referensi harga dari internet ataupun majalah seputar komputer. Harga komputer bekas yang sesuai dengan pasaran tentu membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli.

Pelayanan buruk

Pelayanan buruk juga bisa menambah resiko gagalnya usaha jual beli komputer yang Anda dirikan. Pelayanan buruk ini tentu saja cakupannya sangatlah luas. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Diantaranya:

-    Selalu ramah dan berfikiran positif kepada seluruh konsumen yang datang ke toko.
-    Memberikan garansi untuk setiap pembelian komputer bekas di toko.
-    Menjamin jika produk komputer bekas yang diberikan benar-benar terbaik sehingga bisa digunakan konsumen secara lancar.

Itulah berbagai macam contoh pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada konsumen. Pelayanan terbaik akan membuat konsumen bertambah tertarik untuk membeli di toko Anda.

Nah, itulah berbagai macam hal yang disinyalir memicu kegagalan dalam usaha jual beli komputer bekas dan murah. Dengan mengetahui berbagai faktor diatas, tentunya bisa meminimalisir kegagalan ketika Anda menjalankan usaha. Bagi pemula tips ini tentu saja sangat bermanfaat karena bisa menjadi referensi bagi Anda sebagai pengusaha. Demikian tips ini dan semoga memberikan inspirasi bagi Anda.

Jual Beli Komputer Bekas

No comments:
Write comments