Thursday, 3 November 2016

Lakukan 5 Perawatan Ini Agar Sepeda Listrik Anda Lebih Tahan Lama

Dalam beberapa tahun terakhir produk teknologi terbaru yang mengandalkan tenaga listrik untuk bisa digunakan cukup banyak. Diawali dari gadget hingga mainan, maka sekarang ini sudah banyak kendaraan yang menerapkan prinsip tersebut. Tentunya jauh lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Apalagi ada ancaman bahwa minyak bumi juga semakin menipis, sehingga sebisa mungkin ditemukan inovasi-inovasi terbaru sebagai penggantinya. Sepeda listrik juga tergolong sebagai salah satu kendaraan bebas bahan bakar untuk digunakan.

Beberapa diantara Anda tentunya sudah tak begitu asing lagi, meskipun dijual dipasaran dalam jumlah yang terbatas, namun banyak yang sudah memilikinya, karena penggunaan juga mudah dan pastinya ia jauh lebih hemat pemakaian bahan bakar dibandingkan dengan jenis sepeda pada umumnya. Prinsip kerjanya adalah dengan mengandalkan tenaga baterai yang dicharger, bukan bahan bakar minyak dengan harga selangit tersebut.

Tentunya dibandingkan dengan jenis kendaraan pada umumnya ada banyak hal yang berbeda. Baik itu cara penggunaan maupun cara perawatan. Kenyataannya sepeda listrik ini memang lebih sensitif jika dibandingkan dengan sepeda standard. Ia sering kali mengalami masalah pada mesin dan rusak jika tak digunakan dengan tepat. Nah, untuk menghindari hal tersebut, jika Anda ingin membeli maka ketahui juga terlebih dahulu bagaimana tips perawatannya secara tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

1.    Dalam penggunaannya bagian rem harus diperhatikan utama, sama halnya dengan penggunaan sepeda pada umumnya rem ini sebenarnya adalah bentuk keamanan, karena Anda tak akan pernah tau apa yang terjadi nanti. Pada saat digunakan fungsi rem sangatlah penting sehingga harus selalu Anda periksa terlebih dahulu agar tak membahayakan ketika tengah berkendara.
2.    Jangan sering-sering mencharging, lakukan pengisian daya ketika baterai sudah hampir habis saja, kondisinya serupa sebenarnya dengan produk gadget baik itu laptop maupun smartphone, karena baterai akan jauh lebih tahan lama jika Anda lakukan pengisian secara sehat. Sebaiknya Anda juga tak mengisi ketika baterai dalam keadaan yang benar-benar kosong, karena baterai akan kaget sehingga jauh lebih mudah mengalami kerusakan.

 Baca Juga Mengenali 7 Jenis Memory Card yang Paling Banyak Diincar

3.    Waktu pengisian harus benar-benar diperhatikan, ketika sudah berada dalam kondisi yang full sebaiknya langsung dicabut, ini membuat ketahanan baterai akan lebih awet. Biasanya adalah beberapa rentan waktu pengisian menyesuaikan dengan kapasitas baterai pada kendaraan yang Anda miliki, mulai dari 5 hingga uang paling lama adalah 8 jam. Pengisian terbaik juga dilakukan pada pagi haru, karena di saat malam terkadang Anda lupa karena ditinggal tidur.

4.    Jangan terlalu sering melintasi medan yang menanjak, kondisi ini akan memaksa mesin untuk bekerja secara ekstra, jika sering-sering dilakukan tentunya sepeda Anda tak akan bertahan lama. Hanya gunakan pada medan yang datar.

5.    Lakukan pemeriksaan secara berkala, gangguan pada bagian listrik ini sebenarnya adalah masalah yang serius pada sepeda tersebut. Untuk mengetahuinya segera lakukan pemeriksaan, jika kurang mengerti bawa saja ke bengkel terdekat. Pada dasarnya service untuk kendaraan ini memang jauh lebih sering dibandingkan dengan sepeda standard.
Sepeda Listrik


Untuk Anda yang memiliki sepeda listrik, terapkan cara-cara tersebut dalam merawat agar tahan lebih lama. Sedangkan bagi yang tertarik untuk membeli setidaknya juga harus mengetahui bagaimana tips pemilihan produk yang tepat, karena meskipun banyak dijual di pasaran namun merk akan sangat berbeda, setidaknya utamakan kualitas jangan hanya harga saja.

No comments:
Write comments