Monday, 14 November 2016

Isilah Daya Baterai Smartphone Anda dengan Kabel USB Pilihan

Zaman sekarang ini, dapat ditemui kabel USB yang ada pada berbagai tempat umum. Yaitu restroran, cafe, perpustakaan, dan dimana saja. Dimana ada suatu stop kontak, disitulah akan terdapat macam-macam USB untuk mengecharge handphoe. Bagi Anda yang belum mengetahui apa perbedaan dari USB tipe A hingga C, pasti Anda berpikiran bahwa semua USB yang berbentuk sama memiliki daya yang sama. Namun ternyata semua itu tidak benar. Sehingga jenis-jenis USB yang perlu Anda ketahui adalah:

USB Tipe A

USB dengan tipe ini banyak dikenal di kalangan orang dengan USB standard-A. USB ini berbentuk persegi panjang dan juga pipih. Jika Anda ingin melihat dan mengetahuinya, cukup dengan melihat pada port di PC, desktop, laptop, game, dan media player lainnya. Pasangan host USB tipe ini adalah portnya USB. Jika Anda ingin memasukan USB tipe A, maka memerlukan konektor yang sama. Sehingga USB ini akan bekerja dengan maksimalnya.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah, USB tipe ini memiliki beberapa versi. Diantaranya adalah:

-    USB 1.1.
-    USB 2.0.
-    USB 3.0.

Namun versi tipe USB yang berbeda, tetap dapat bisa digunakan. Contohnya misalkan Anda ingin menggunakan USB tipe 2.0, Anda tetap bisa menyambungkan dengan kabel USB tipe 1.1.

USB Tipe B

USB tipe B yaitu sebuah ujung USB yang bisa disambungkan dengan beberapa alat elektronik seperti hardisk eksternal, printer, smartphone, power bank, dan lain sebagainya. Device peripheral ini memiliki bentuk yang sangat beragam. Sehingga tak heran jika port pada USB tipe B memiliki desain yang bermacam juga. Biar Anda tidak perlu pusing dan bingung, Anda cukup kenali beberapa jenis USB tipe B ini. Jenis-jenis USB tipe B adalah:

-    Mini USB
Ukuran USB ini sangat kecil sekali. Sebenarnya banyak yang tidak menggunakan jenis USB satu ini, karena hanya akan ditemukan di dalam drive portable tua yang sudah ada. Seperti smartphone ataupun kamera.

-    Mcro USB 3.0
Termasuknya untuk ukuran suatu USB tipe B, ini termasuk desain yang terbaru. Anda dapat menggunakan USB ini pada USB 3.0 port driver. Sehingga juga tidak begitu banyak yang menggunakan.

Baca Juga Mengenai 7 Jenis Memory Card yang Paling Banyak Diincar

-    Standard B USB 3.0
Jenisnya sangat biasa saja dan sangat umum. Namun kecepatannya dibuat sama dengan USB 3.0. jika Anda ingin memperhatikan apa yang membedakan. Anda hanya perlu melihat ujungnya, dimana warna yang tertempel disana harus berwarna biru. Sehingga inilah perbedaannya dengan USB B.

-    Micro USB.
USB satu ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingan Mini USB. Tipe USB ini memang banyak sekali digunakan untuk perangkat smartphone, drive portable, kamera, dan lain sebagainya.

-    Original Standard
USB satu ini memang kuno, karena hanya disambungkan untuk komputer, printer, dan scanner atau bisa yang lainnya. Pertama kali dibuat adalah USB 1.1.

USB Tipe C

Waktu produksi USB tipe ini sama dengan tipa B. dimana port untuk tipe c, yaitu berukuran sebesar 8,4 mm dan 2,6 mm. ukuran kecil yang dimiliki akan kompatibel jika digunakan kepada device kecil. Kabel yang ada pada ujungnya, sangatlah kecil. Sehingga dapat digunakan secara bolak-balik. USB tipe ini didukung dengan adanya kecepatan super sebesar 10 Gbps dan daya tingkat output yang tinggi. Dimana mencapai 20V yaitu setara dengan 100 watt dan 5A. Kabel USB tipe C memiliki 2 peran arah, dimana sebagai charge device host dan charge peripheral.

Kabel USB

No comments:
Write comments