Tuesday, 25 October 2016

Mengenali 7 Jenis Memory Card yang Paling Banyak Diincar

Pasti Anda adalah salah satu dari sekian banyak juta orang yang bertanya, apa yang membedakan antara memory card untuk handphone yang satu, dengan yang lainnya. Banyak kasus yang terjadi, ketika seseorang mendatangi suatu outlet kartu memori. Pasti selalu tidak tahu harus memilih apa. Biayanya banyak pihak akan memilih produk dengan bentuk yang cocok dengan alat elektronik Anda. Dan juga dengan kapasitas penyimpanan yang besar.
 

-    SD (Secure Digital)

Kartu memori satu ini adalah tipe yang paling banyak digunakan untuk kamera. Paling umum untuk segala macam kamera. Sehingga hampir setiap outlet penjual kartu memori selalu menjual tipe satu ini. Dimana tipe yang paling laris dan menguntungkan.
 

-    SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)

Kartu dengan tipe SDXC ini merupakan salah satu tipe SD card yang memiliki kapasitas untuk menampung memori lebih besar dari yang lainnya. Tak hanya itu, kecepatan tinggi dalam memproses data pun sangat diandalkan. Kartu yang memiliki ukuran maksimal 2TB (Terabytes). Jika dimasukkan ke dalam slot kamera biasa, terkadang bisa terbaca namun terkadang tidak bisa. Karena ini termasuk teknologi terbaru. Sehingga diperlukan pengecekan terlebih dahulu. Komputer pun juga dapat membaca file dari SDXC. Sistem yang dapat membaca adalah sistem operasi Windows 7, Mac OSX (Snow Leopard), Linux, dan beberapa sistem operasi lainnya.

Baca juga Cara Merawat Kabel USB Iphone Agar Tahan Lama

-    SDHC (Secure Digital High Capacity)

Sama halnya dengan kartu SD. Yang memiliki perbedaan, adalah daya tampung kuota untuk memorinya lebih besar. Kapasitas yang dapat ditampung di dalam memori SDHC yaitu sebanyak 32 Giga Byte. Ini termasuk memori yang cukup besar. Karena dapat menampung file penting yang banyak. Bentuk memori SDHC sama dengan SD. Sehingga dapat dimasukkan ke dalam slot kartu yang memang cocok. Namun terkadang teknologi yang diisi oleh kartu SDHC, tidak bisa membaca file. Ini dikarenakan pembuatan produk teknologi tersebut dibuat sebelum memory card SDHC diciptakan.
 

-    XD Picture

Kepanjangan dari nama kartu ini adalah Extreme Digital. Dimana menggunakan format Fujifilm yang bisa digunakan pada beberapa kamera Olympus dan juga Fuji. Namun kedua kamera ini telah diisi kartu memori seperti SD atau SDHC kebanyakan. Sehingga kurang begitu populer.
 

-    Memory Stick Duo

Kartu memori satu ini sangat menjadi sejarah bagi Sony, karena pertama kali diluncurkan oleh produk kamera digital milik Sony. Kartu satu ini bersaing ketat dengan kartu jenis Secure Digital. Walaupun persaingan masih ada, kartu ini sebenarnya berbentuk lebih besar dibandingkan dengan Secure Digital. Memory Stick Duo pernah menjadi kartu memori produk ponsel Sony Ericson dengan seri k750i.
 

-    CF (Compact Flash)

Canggihnya kartu ini, yang dapat menampung memori dengan sangat besar dan juga proses aplikasi atau sistem yang berjalan menggunakan kecepatan yang tinggi. Dahulunya, SanDisk lah yang mengenalkan kartu memori Compact Flash. Namun, kartu ini disayangkan sekali karena hanya bisa dipakai untuk kamera digital SLR yang paling canggih. Namun, karena kecanggihan inilah pihak Canon pada tahun 2010 menunjuk Compact Flash sebagai media untuk merekam. Dimana digunakan pada kamera video dengan high definition.
 

-    Multimedia card (MC)

Jika dilihat dari bentuknya, sama dengan penampilan kartu SD. Namun tanpa kunci. Meskipun kecepatan dalam mentransfer lebih rendah dibanding yang lainnya. Namun dapat dipakai di dalam slot manapun yang dapat diisi untuk kartu memori Secure Digital. Untuk itu memory card sangat kompatibel karena dapat digunakan dalam kamera manapun.

Memory Card

No comments:
Write comments