Tuesday, 27 September 2016

5 Kiat Merawat dan Melindungi Layar Sentuh Pada Handphone Kesayangan

Memiliki handphone atau ponsel dengan layar sentuh memang memberikan kelegaan tersendiri bagi pemiliknya. Sebab mayoritas ponsel pintar keluaran terbaru memang dibuat dengan teknologi layar sentuh atau istilahnya touchscreen. Meskipun ada beberapa vendor yang masih rajin mengeluarkan produk dengan layar jenis lainnya. Sebagai layar yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempermudah penggunaan semua fitur di ponsel tentunya membuat Kita perlu tahu kiat tepat untuk merawatnya.

Layar yang Butuh Perhatian Lebih

5 Kiat Merawat dan Melindungi Layar Sentuh Pada Handphone Kesayangan
Sebab teknologi layar sentuh sendiri dikenal rentan bermasalah seperti kehilangan sensitifitasnya sehingga sulit memproses perintah dan kemungkinan lainnya. Seiring berjalannya waktu apabila tidak memperhatikan penggunaannya dengan baik maka tampilan akan terlihat kusam, banyak goresan, dan sebagainya. Ada beberapa aturan yang perlu dipahami selama menggunakan ponsel dengan layar sentuh ini. Sehingga bisa membuatnya lebih tahan lama dan tampilannya layar tetap enak dinikmati meskipun usia ponsel sudah beberapa tahun.

Tips Menjaga Daya Tahan Layar Sentuh

Menjadikan ponsel layar sentuh tetap nyaman dan enak digunakan berinteraksi, pastikan melakukan beberapa tips simpel berikut ini:

-    Pastikan tangan kering dan bersih

Pastikan tangan kering dan bersih
Teknologi layar yang sekaligus digunakan untuk mengoperasikan ponsel membuat Kita perlu ekstra hati-hati selama menggunakannya. Sentuhan langsung dengan tangan pada layar yang sensitif ini perlu dijaga kebersihannya sehingga tidak meninggalkan noda atau cacat pada layar. Pastikan sebelum memegang ponsel kondisi tangan kering dan bersih, jangan basah apalagi berminyak.

-    Hindari tekanan yang terlalu bertenaga

Hindari tekanan yang terlalu bertenaga
Terbiasa menggunakan handphone dengan keypad kemudian beralih kepada layar sentuh kerap sukar mengira-ngira tenaga saat menekan tombol perintah pada layar. Padahal layar sentuh ini apabila mendapatkan tekanan yang terlalu kuat secara terus-menerus justru akan membuatnya cepat rusak. Supaya tidak perlu segera membeli ponsel layar sentuh lagi pastikan menekan dengan tenaga yang cukup, bahkan sekedar disentuh saja tanpa tenaga ekstra sudah cukup. Tambahkan getar untuk membantu.

-    Berikan tambahan pelindung layar sentuh

Berikan tambahan pelindung layar sentuh
Interaksi langsung antara kulit dengan layar sentuh bagaimanapun juga akan meninggalkan noda dan bekas pada layar. Dianjurkan bagi pemilik ponsel dengan layar ini melapisinya dengan pelindung layar khusus berbentuk mika tipis dan transparan. Hindari memilih pelindung layar dengan harga murah sebab biasanya mudah terkelupas dan berubah warna semakin kusam. Pertimbangkan memilih yang agak mahal sedikit dengan tekstur yang halus dan sangat tipis. Sehingga melindungi layar sentuh dengan maksimal.

-    Rajin menjaga kebersihan layar sentuh

Rajin menjaga kebersihan layar sentuh
Goresan dan noda tertentu yang menempel pada layar meskipun sudah dilapisi pelindung tidak dapat dihindari. Itulah mengapa untuk menjaga kenyamanan memakai layar sentuh ini pastikan menjaga kebersihannya. Sediakan cairan dan lap khusus pembersih layar sentuh supaya menjadikan layar selalu terlihat mulus sekaligus bersih. Layar yang bersih akan memberikan sensasi berbeda pada saat disentuh untuk melakukan beberapa kegiatan bersama ponsel. Hindari memakai air biasa sebab akan memperparah goresan pada layar.

-    Minimalkan paparan langsung dengan panas

Minimalkan paparan langsung dengan panas
Layar sentuh juga mudah sekali rusak apabila berada di lingkungan yang panas, baik panas dari sinar matahari langsung. Maupun terpapar suhu tinggi dari peralatan elektronik yang ada di rumah maupun di tempat kerja. Dianjurkan untuk meletakan ponsel di posisi yang aman yakni berjauhan dengan perangkat elektronik yang mudah meningkat suhunya dan mengandung magnet. Kemudian minimalkan resiko terpapar langsung dengan terik matahari sehingga layar sentuh pada handphone akan lebih tahan lama dan terawat baik.

No comments:
Write comments